alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

CEK FAKTA: Foto Romo Van Lith dan Kyai Ahmad Dahlan di Gereja Tidak Benar

Galih Priatmojo Kamis, 06 Mei 2021 | 13:49 WIB

CEK FAKTA: Foto Romo Van Lith dan Kyai Ahmad Dahlan di Gereja Tidak Benar
Foto yang sebelumnya disebut sebagai Romo Van Lith dan Kyai Ahmad Dahlan saat bertemu di Kolese Xaverius, Muntilan. [foto diambil dari akun @tajdidmu]

Foto Romo Van Lith yang diduga bersanding dengan Kyai Ahmad Dahlan tidak valid.

SuaraJogja.id - Beberapa waktu lalu muncul ulasan mengenai sosok Kyai Ahmad Dahlan yang berkunjung ke gereja di Kolese Xaverius di Muntilan. Ulasan tersebut muncul setelah sebelumnya ramai sorotan mengenai Gus Miftah yang masuk dan berceramah di dalam Gereja Bethel Indonesia Amanat Agung, Penjaringan Jakarta Utara. Nah, setelah dilakukan cek fakta ternyata ulasan tersebut tidak sepenuhnya tepat.

Ulasan mengenai Kyai Ahmad Dahlan yang berkunjung ke gereja Kolese Xaverius dibagikan akun @tajdidmu. Dari uraian yang disampaikan, Kyai Ahmad Dahlan berkunjung ke Kolese Xaverius untuk menemui Romo Van Lith.

Sebagai penguat narasi yang disampaikan, disertakan pula sebuah foto seorang Romo bersama pria muda yang bercelana pendek dengan latar lingkungan bangunan rumah berukuran besar yang diduga berada di lingkungan Kolese Xaverius.

Belakangan, berdasar penjelasan yang disampaikan cucu dari Kyai Ahmad Dahlan, foto yang sebelumnya diduga merupakan Romo Van Lith bersama Kyai Ahmad Dahlan tersebut diragukan kebenarannya.

Baca Juga: Gus Miftah Masuk Gereja, Disinggung Ustaz Adi Hidayat dan UAS?

Lewat akun Facebooknya, cucu Kyai Ahmad Dahlan yakni Diah Purnamasari Zuhair membantah narasi pada foto yang dibagikan akun @tajdidku itu adalah foto Romo Van Lith bersanding dengan Kyai Ahmad Dahlan muda.

Utas mengenai Kyai Ahmad Dahlan yang kunjungi gereja di Muntilan. [@tajdidmu]
Utas mengenai Kyai Ahmad Dahlan yang kunjungi gereja di Muntilan. [@tajdidmu]

"Narasi pada foto dalam postingan yang saya capture ini adalah HOAX...Pastor yang di sebelah kiri mungkin Romo Van Lith (sumber Kemendikbud), tetapi laki-laki yang di sebelahnya BUKAN kakek saya (KHA Dahlan). Tentang komunikasi antara Van Lith dan KHA Dahlan memang pernah ada. Saling mengunjungi, juga mungkin. Tapi tidak lama. Mungkin sekitar periode 1917-1918, ketika internaat (asrama perempuan) dan kweekschool Muhammadiyah mulai didirikan. Dan tentu saja study banding ke seminari dalam rangka mempelajari manajemen sekolah asrama, dengan berceramah di gereja sebagaimana trend kekinian itu kadarnya berbeda...," tulisnya.

"Muammalah duniawiyah dengan ibadah itu BEDA...KHA Dahlan melakukan study banding, itu benar... Tapi beliau tidak pernah ikut-ikut ke gereja apalagi ceramah seperti trend sekarang. Itu beda konteksnya...Jangan hanya karena ingin membela sesuatu yang sedang tidak disukai oleh umat, lalu memelintir fakta lewat kata2 bersayap...Info di bawah memang ada beberapa yang benar, tapi foto/gambar yang dipakai TIDAK BENAR...Saya tidak menolak fakta bahwa hubungan baik Romo Van Lith dan kakek saya kemudian menghasilkan Madrasah Muallimin Muhammadiyah. Tapi sayangnya foto yang dijadikan seolah-olah bukti adalah BUKAN foto yang benar! Itu BUKAN foto mereka! Terlalu terburu2 jika menyimpulkan laki-laki yang di sebelahnya adalah KHA Dahlan. KHA Dahlan itu posturnya mungil, tidak tinggi besar setinggi Romo yang orang Belanda. Jadi mohon kepada yang sudah share postingan2 ini baik di FB maupun WA, untuk segera diturunkan, atau penulis awal mohon untuk memperbaiki narasinya jika keberatan untuk menurunkan tulisannya. Karena saya tidak akan tinggal diam. Point yang paling penting adalah: Kyai TIDAK PERNAH berkunjung ke gereja (rumah ibadah). Kalau berkunjung ke seminari (bangunan sekolah dan asrama), mungkin, karena Romo kan tinggal di sana," jelasnya.

"Saya pribadi tidak pernah mengecam atau menghujat ulama2 yang ingin menunjukkan cara mereka bertoleransi dengan cara ikut ibadah di gereja (ceramah). Itu urusan dia dengan Allah, meskipun saya juga paham bahwa itu kurang tepat. Toleransi bukan begitu caranya. Tapi soal dosa atau tidak, gugur atau tidak keimanannya, itu urusan dia sendiri dengan Allah. Tapi ketika terus menyenggol kakek saya, tentu saja hal ini menjadi urusan saya untuk meluruskannya.
Dan jika benar sumber dari kerancuan ini dari orang dalam persyarikatan sendiri, saya akan segera menemui orangnya.
Terima kasih," tukasnya.

Lebih jauh berdasarkan analisis peneliti sosial media dari Drone Emprit, Ismail Fahmi dijelaskan, penelusuran lewat Reverse Image di Yandex menampilkan sumber foto yang diduga Romo Van Lith dan Kyai Ahmad Dahlan itu dari situs AsiaNews tanggal 19 Oktober 2016, Indonesia Honours Fr van Lith, firs missionary in Java.

Baca Juga: Ustadz Somad: Muslim Haram Masuk Rumah Ibadah Agama Lain

"Dalam artikel ini tidak disebut sama sekali dalam caption atau artikel nama Kyai Ahmad Dahlan dalam foto. Tidak ada sumber yang valid yang menyatakan pria bercelana pendek di atas lutut itu adalah Kyai Ahmad Dahlan pendiri Muhammadiyah yang sedang mengunjungi gereja," tegasnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait