alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Percepat Vaksinasi Pelajar, Pemkot Siapkan Sentra Vaksinasi Siswa di Yogyakarta

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana | Muhammad Ilham Baktora Selasa, 24 Agustus 2021 | 15:00 WIB

Percepat Vaksinasi Pelajar, Pemkot Siapkan Sentra Vaksinasi Siswa di Yogyakarta
Ketua Percepatan Vaksinasi Kota Yogyakarta Ignatius Triharsono ditemui wartawan di sela-sela vaksinasi pelajar di Kantor PDAM Tirtamarta Kota Yogyakarta, Selasa (24/8/2021). - (SuaraJogja.id/Muhammad Ilham Baktora)

Vaksinasi pelajar diharapkan selesai pada September 2021 nanti.

SuaraJogja.id - Upaya mempercepat vaksinasi bagi pelajar di Kota Jogja mulai dikebut pada bulan Agustus hingga September 2021. Pemkot Yogyakarta berencana membuat sentra vaksin bagi pelajar untuk segera mencapai target 70 persen pelajar tervaksin.

Ketua Percepatan Vaksinasi Kota Yogyakarta Ignatius Triharsono mengatakan, sesuai arahan Wali Kota Yogyakarta, vaksinasi untuk pelajar diharapkan selesai pada September 2021 nanti, sehingga perlu adanya percepatan dengan menyiapkan sentra vaksin pelajar.

"Ya rencananya dibuat sentra vaksin, baik jenjang SMP, SMA, SMK serta madrasah," terang Tri ditemui wartawan di sela-sela percepatan vaksinasi pelajar di Kantor PDAM Kota Yogyakarta, Selasa (24/8/2021).

Ia melanjutkan sekolah yang akan dipilih menjadi lokasi sentra vaksin adalah SMA 7 Yogyakarta.

Baca Juga: Percepat Vaksinasi untuk Herd Immunity Bangkitkan Pariwisata DIY

"Rencananya di SMA 7 Yogyakarta, namun ini masih kami bahas lebih lanjut," terang dia.

Tri menjelaskan bahwa jumlah pelajar di Kota Jogja baik asal Jogja atau dari luar kota berjumlah 57.141 orang. Hingga 23 Agustus 2021, baru 10.472 pelajar yang divaksin.

"Lebih kurang baru 20 persen populasi pelajar di Kota Jogja yang divaksin," ungkap dia.

Sebelum SMA 7 dioperasikan menjadi sentra vaksinasi, Tri mengungkapkan, Pemkot sudah memiliki dua sentra vaksin antara lain, XT Square dan Kantor PDAM Tirtamarta Kota Yogyakarta.

"Untuk pelajar kami lakukan di tiga tempat itu termasuk di SMA 7 jika sudah berjalan. Jadi siswa mendapat undangan dari sekolah yang sudah mendaftarkan mereka. Lalu siswa datang ke tempat vaksinasinya," jelas dia.

Baca Juga: 22 Anak di Kota Jogja Jadi Yatim Piatu, Pemkot Siapkan Mekanisme Bantuan hingga Pendidikan

Adanya tambahan sentra vaksinasi bagi pelajar, kata Tri dalam sehari sedikitnya bisa menjangkau 3.000-3.600 pelajar yang sudah tervaksin.

"Itu jika tiga tempat tadi sudah beroperasi semua," kata dia.

Sebelumnya vaksinasi pelajar yang pertama kali dimulai pada awal Juli 2021 terpaksa dihentikan. Pasalnya stok vaksin di Kota Jogja pada awal Agustus mulai tipis.

Vaksinasi kembali berjalan pada pertengahan Agustus 2021. Berdasarkan catatan tim percepatan vaksin Kota Jogja, hingga 23 Agustus 2021 sudah 10.472 pelajar di Kota Jogja yang divaksin.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait