alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Muncul 3 Nama Destinasi Wisata di DIY yang Dibuka, Pengelola Wajib Patuhi PPKM Level 3

Eleonora PEW Kamis, 09 September 2021 | 07:26 WIB

Muncul 3 Nama Destinasi Wisata di DIY yang Dibuka, Pengelola Wajib Patuhi PPKM Level 3
Sekda DIY Baskara Aji di Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Jumat (20/08/2021). - (Kontributor SuaraJogja.id/Putu)

Menurut Aji , penunjukan tiga destinasi wisata yang boleh buka merupakan kewenangan Kemenparekraf.

SuaraJogja.id - Seiring diterapkannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 di DIY, Pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri (kemendagri) memperbolehkan sejumlah destinasi wisata di kota ini dibuka. Muncul tiga nama destinasi wisata yang akan dicoba buka sesuai dengan rekomendasi dari Kemenparekraf: Taman Pintar di Kota Yogyakarta, Ratu Boko di Sleman, dan Watu Lumbung di Gunungkidul.

Menanggapi hal ini, Pemda DIY belum mendapatkan secara detil nama-nama destinasi wisata yang akan dibuka. Namun dipastikan pengelola destinasi wisata mematuhi aturan PPKM Level 3. Di antaranya memiliki sertifikat CHSE (Clean, Health, Safety, and Environment).

"Ya baru ada tiga lokasi wisata di DIY yang boleh dibuka atas persetujuan kementerian. Kementerian sampai hari ini belum menyebut. Tiga lokasi itu akan di SK kan dulu," ungkap Sekda DIY Baskara Aji di Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Rabu (08/09/2021).

Menurut Aji , penunjukan tiga destinasi wisata yang boleh buka merupakan kewenangan Kemenparekraf. Pemda tidak bisa mengajukan rekomendasi destinasi layak dibuka.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Mulai Turun, Pemkab Banyuwangi Buka Pariwisata Mulai 10 September

Namun Pemda diperbolehkan menutup destinasi wisata yang ditunjuk Kemenparekraf bila tidak memenuhi persyaratan. Contohnya bila destinasi wisata ternyata berada di indoor alih-alih outdoor.

"Pemda tentu akan mengambil kebijakan kalau memang menurut kita apa yang ditunjuk kementerian belum sesuai kriteria. Kepala daerah boleh menentukan kawasan lain. Kita paling hanya merekomendasikan," jelasnya.

Secara terpisah Sekretaris Perusahaan PT Taman Wisata Candi (TWC), Emilia Eny Utari ketika dikonfirmasi mengungkapkan masih menunggu informasi dari Kemenparekraf untuk bisakembali beroperasi. Namun dari 20 destinasi wisata yang diijinkan untuk ujicoba, empat diantaranya merupakan destinasi wisata yang dikelola PT TWC.

Meski dapat lampu hijau, Emilia belum bisa memastikan kapan uji coba pembukaan destinasi wisata itu dilaksanakan. Pihaknya masih menunggu barcode aplikasi pedulilindungi.id dari Kementerian Kesehatan.

"Kami juga harus uji coba atau simulasi untuk penggunaan aplikasi PeduliLindungi," imbuhnya.

Baca Juga: Daftar Daerah Terapkan PPKM Level 3 hingga 20 September, di Sumsel Ada 10 Daerah

Kontributor : Putu Ayu Palupi

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait