alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Cara Usir Bau Tak Sedap di Rumah, Pakai 5 Bahan Ini

Eleonora PEW Rabu, 22 September 2021 | 22:53 WIB

Cara Usir Bau Tak Sedap di Rumah, Pakai 5 Bahan Ini
Ilustrasi bau. (Shutterstock)

Bahannya murah dan mudah dicari, simak cara usir bau tak sedap di rumah berikut ini.

SuaraJogja.id - Menjengkelkan, mengganggu ketenangan, hingga merusak konsentrasi, mungkin itu semua yang akan terjadi bila Anda berada di ruangan dengan bau tak sedap. Jika segala hal sudah dicoba, tetapi tak manjur juga, Anda perlu cari tahu cara usir bau tak sedap di rumah dengan bahan alami.

Memang saat ini sudah tersedia berbagai merek pengharum ruangan untuk mengusir bau tak sedap, mulai dari yang berwujud kapur barus, pengharum yang digantung, hingga cairan semprot.

Di sisi lain, di sekitar kita banyak bahan alami yang mudah dicari untuk mengusir bau tak sedap jika segala cara di atas gagal memberikan hasil yang kita harapkan.

Untuk tahu lebih lanjut, berikut lima bahan yang mudah dicari untuk dipakai dalam cara usir bau tak sedap di rumah ataupun ruangan lainnya:

Baca Juga: 4 Tips Tubuh Selalu Wangi, Salah Satunya Jaga Asupan

1. Kopi

Mungkin sudah banyak yang tahu, kopi memiliki kegunaan untuk menetralkan aroma apa pun. Tak jarang toko parfum menyediakan bubuk kopi untuk dicium pengunjung yang hendak mencoba bermacam-macam wangi parfum.

Dengan cara kerja menyerap bau dan menetralkannya, kopi juga bisa dipakai untuk mengusir bau tak sedap. Caranya, letakkan wadah terbuka berisi kopi di setiap sudut ruangan. Mudah bukan?

Ilustrasi kopi bubuk. (Pixabay)
Ilustrasi kopi bubuk. (Pixabay)

2. Rempah-rempah

Bukan saja bermanfaat untuk menguatkan rasa makanan, rempah-rempah juga bisa lo, mengusir bau tak sedap.

Baca Juga: Mudah Dilakukan, Simak 6 Cara Usir Bau Tak Sedap di Rumah Berikut Ini

Pertama, campurkan rempah-rempah seperti bubuk kayu manis, cengkeh, irisan jeruk, dan rempah-rempah lainnya yang Anda suka ke dalam panci, kemudian panaskan. Pindahkan campuran rempah-rempah tadi ke wadah yang lebih kecil dan letakkan di ruangan yang berbau tak sedap. Aroma rempah-rempah yang khas pun akan mendatangkan suasana baru di rumah Anda.

3. Cuka

Biasanya, cuka ampuh untuk mengusir bau tak sedap yang disebabkan oleh asap rokok dalam suatu ruangan.

Simpel saja, Anda tinggal mengisi wadah kecil dengan cuka dan meletakkannya di sudut ruangan yang memiliki bau tak sedap.

4. Bunga

Yang satu ini tentu dipastikan manjur mengusir bau tak sedap. Pewangi ruangan yang dijual di pasaran saja memiliki variasi aroma bunga.

Jika Anda ingin menggunakan bahan ini, bunga yang bisa menggantikan bau tak sedap dengan aroma wangi antara lain bunga mawar, bunga melati, bunga lili, dan sebagainya. Namun ingat, Anda hanya bisa memakai bunga segar, sehingga harus rajin-rajin pula mengganti yang layu.

Cara Usir Bau Tak Sedap di Rumah, Pakai 5 Bahan Ini - 2

5. Lilin aromaterapi

Jika aroma wangi saja tak cukup, Anda bisa memakai lilin aromaterapi untuk mengusir bau tak sedap.

Sebab, aroma yang dikeluarkan lilin tak biasa ini bisa juga lo, memberikan efek positif bagi tubuh dan pikiran Anda, sehingga Anda akan merasakan relaksasi dan juga kesegaran.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait