facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Jalan Kaki ke Malioboro, Jokowi Bagi-bagi BLT untuk PKL dan Warung Kecil

Galih Priatmojo Sabtu, 09 Oktober 2021 | 10:32 WIB

Jalan Kaki ke Malioboro, Jokowi Bagi-bagi BLT untuk PKL dan Warung Kecil
Presiden Jokowi membagikan BLT dan bertemu warga di Malioboro, Sabtu (09/10/2021). [Kontributor / Putu Ayu Palupi]

Presiden Jokowi kembali kunjungi Yogyakarta.

SuaraJogja.id - Setelah kunjungan pada 10 September 2021 lalu, Presiden RI, Joko Widodo (jokowi) kembali datang ke DIY, Sabtu (09/10/2021) pagi. Berbeda dari kunjungan sebelumnya yang mengevaluasi program vaksinasi, kali ini Jokowi hadir untuk memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada warga Malioboro yang terdampak pandemi COVID-19.

Presiden hadir bersama Menko Bidang Perekonomian, Airlangga Hartanto dan Mensesneg RI, Pratikno. Mengenakan baju putih, Jokowi didampingi Gubernur DIY, Sri Sultan HB X berjalan kaki dari Gedung Agung menuju kawasan Malioboro.

"Saya meresmikan dimulainya bantuan tunai untuk para pedagang kaki lima dan warung-warung kecil," ujar Jokowi yang disambut tepuk tangan warga yang menyambutnya di kawasan ikon pariwisata DIY tersebut.

Menurut Presiden, pemerintah menyalurkan BLT kepada 1 juta PKL di seluruh Indonesia. BLT yang dibagikan kepada PKL sebesar Rp 1,2 juta.

Baca Juga: Kawasan Wisata Malioboro Mulai Ramai Dikunjungi Wisatawan

Dalam progam BLT kali ini, bantuan pemerintah disalurkan oleh TNI Polri. Untuk DIY, pembagian BLT di Malioboro merupakan yang pertama kalinya.

"Kurang ndak, satu juta dua ratus ribu, cukup, menurut hitungan kita cukup," tandasnya.

Salah seorang pedagang bakpia di Malioboro, Sumirah (72) yang mendapatkan BLT mengaku senang sekali bisa bertemu Presiden dan Sri Sultan secara langsung. Bantuan yang didapatnya akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan modal usaha.

"Uangnya buat saya putar buat modal usaha agar lancar cari makannya," ungkapnya.

Warga Pajeksan ini berharap dengan kedatangan Presiden dan mulai bergeliatnya sektor pariwisata maka perekonomian dia bisa kembali pulih. Pandemi COVID-19 pun bisa segera berakhir dan pedagang bisa beraktivitas seperti sebelumnya.

Baca Juga: Pemkot Jogja Buat Aplikasi Baru untuk Atur Jam Kunjung Wisatawan ke Malioboro

"Ya semoga cepat berakhir [pandemi], saya sudah berjualan bapkia sebelas tahun ini dan karena pandemi akhirnya tidak banyak laku," paparnya.

Kontributor : Putu Ayu Palupi

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait