alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pengertian Tanggung Jawab: Contoh Kasus dan 11 Ciri-ciri

Pebriansyah Ariefana Selasa, 26 Oktober 2021 | 13:20 WIB

Pengertian Tanggung Jawab: Contoh Kasus dan 11 Ciri-ciri
Ilustrasi bekerja. (pexels.com/Karolina Grabowska)

Apa itu arti tanggung jawab secara ilmiah?

SuaraJogja.id - Tanggung jawab menjadi hal keharusan dalam bersosial, terutama di masyarakat majemuk. Tanggung jawab adalah norma dasar manusia sebagai mahkluk sosial. Apa itu arti tanggung jawab secara ilmiah?

Dalam kamus besar Bahasa Indonesia tanggung jawab adalah keadaan di mana wajib menanggung segala sesuatu sehingga kewajiban menanggung, memikul jawab, menanggung segala sesuatunya atau memberikan jawab dan menanggung akibatnya. Tanggung jawab merupakan kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatan baik yang disengaja
maupun yang tidak disengaja.

Dikutip dari paper unwira.ac.id, tanggung jawab ini juga berkaitan dengan tindakan moral yang berkolerasi dengan tanggung jawab. Bertanggung jawab juga didefinisikan sebagai tindakan atau perbuatan atau sikap merupakan penjelmaan dari nilai-nilai moral serta nilai-nilai moral serta nilai-nilai luhur kesusilaan dan atau
keagamaan.

Bertanggung jawab berarti berada dalam tatanan norma, nilai kesusilaan, dan agama, dan tidak diluarnya. Segala tindakan, perbuatan atau sikap yang berada di luar bidang nilai atau norma kesusilaan dan agama tidak dapat di pertanggungjawabkan.

Baca Juga: Apa Itu CEO: Tugas di Perusahaan dan Bedanya Dengan Pemilik Usaha

Ciri-ciri tanggung jawab

1. Melakukan tugas rutin tanpa harus diberi tahu

Mengerjakan tugas rutin yang dilaksanakan oleh siswa atas keinginan sendiri merupakan salah satu bentuk perilaku bertanggung jawab yang dimiliki oleh siswa. Dengan melaksanakan tugas dari keinginan sendiri menggambarkan bahwa perilaku siswa menunjukan rasa tanggung jawab yang tulus.

2. Dapat menjelaskan apa yang dilakukannya

Pekerjakan yang dilaksanakan dengan mampu mencapai target merupakan bentuk pekerjaan yang tidak sia-sia, artinya bahwa siswa memiliki tujuan dari apa yang dikerjakan berdasarkan konsep yang ada.

Baca Juga: Manfaat Hidup Rukun di Lingkungan Sekolah dan Masyarakat

3. Tidak menyalahkan orang lain yang berlebihan

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait