alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Apa Itu Teks Prosedur Kompleks: Struktur, Tujuan dan Kaidah Bahasa

Dythia Novianty Selasa, 26 Oktober 2021 | 16:32 WIB

Apa Itu Teks Prosedur Kompleks: Struktur, Tujuan dan Kaidah Bahasa
Ilustrasi Jurnalis [shutterstock]

Belajar menulis jurnalistik salah satunya harus memahami teks prosedur kompleks.

SuaraJogja.id - Belajar menulis jurnalistik salah satunya harus memahami teks prosedur kompleks. Apa itu teks prosedur kompleks? Teks prosedur kompleks adalah salah satu jenis teks yang berisikan langkah-langkah untuk melakukan sesuatu.

Dalam artikel ini akan dijelaskan struktur teks prosedur kompleks, tujuan dan kaidah bahasa yang digunakan. Simak baik-baik.

Tujuan Teks Prosedur Kompleks. Teks prosedur kompleks bertujuan untuk mempermudah penjelasan pemanfaatan suatu aktivitas, pembuatan barang, dan lain sebagainya sesuai dengan urutan sehingga bisa selesai dengan hasil yang memuaskan.

Struktur teks prosedur kompleks terdiri atas tiga unsur utama, antara lain sebagai berikut:

Baca Juga: Cek Fakta: Benarkah Bahasa Indonesia Jadi Bahasa Resmi Kedua Vietnam?

1. Bagian Tujuan

Bagian pertama adalah bagian tujuan. Di dalamnya terdapat penjelasan tujuan pembuatan teks dari awal sampai akhir. Judul teks sudah memperlihatkan tujuan tersebut. Misalnya "Cara mendapatkan uang secara online."

Ilustrasi menulis (Pixabay.com/freephotocc)
Ilustrasi menulis (Pixabay.com/freephotocc)

2. Material

Bagian kedua berisikan informasi persoalan alat, bahan, dan tindakan-tindakan yang perlu dilakukan untuk mencapai tujuan. Hal ini mudah diamati dari teks prosedur kompleks bertema resep masakan. Di dalamnya akan ada alat, bahan, dan cara memasak makanan tertentu.

Kalau judulnya "Cara mendapatkan uang secara online" maka dalam teks prosedur kompleks bagian kedua, material yang dipaparkan umumnya berupa skill, alat, dan tindakan yang harus dilakukan supaya seseorang yang mengikuti teks prosedural kompleks ini bisa mewujudkan tujuannya dengan mengikuti tahapan-tahapan yang dijelaskan.

Baca Juga: Apa Fungsi Teks Prosedur? Simak Struktur dan Jenis-jenisnya Berikut

3. Langkah-langkah

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait