alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Fungsi Jantung Bisa Lemah, Ini Akibatnya Makan Daging Olahan dan Merah

Dinar Surya Oktarini Jum'at, 26 November 2021 | 13:52 WIB

Fungsi Jantung Bisa Lemah, Ini Akibatnya Makan Daging Olahan dan Merah
Ilustrasi jantung manusia/ fungsi jantung (Shutterstock).

Penelitian menyebutkan jika fungsi jantung bisa melemah ketika kebanyakan konsumsi daging.

SuaraJogja.id - Dalam sebuah penelitian pada 20.000 telah menemukan bahwa asupan daging merah bahkan olahan dikaitkan dengan fungsi jantung yang memburuk. 

Studi ini telah dipresentasikan di ESC Preventive Cardiology 2021, sebuah kongres ilmiah online European Society of Cardiology (ESC).

“Penelitian sebelumnya telah menunjukkan hubungan antara konsumsi daging merah yang lebih besar dan peningkatan risiko serangan jantung atau kematian akibat penyakit jantung,” kata penulis studi Dr. Zahra Raisi-Estabragh dari Queen Mary University of London, Inggris seperti yang dikutip dari Healthshots.

“Untuk pertama kalinya, kami memeriksa hubungan antara konsumsi daging dan ukuran pencitraan kesehatan jantung. Ini dapat membantu kami untuk memahami mekanisme yang mendasari hubungan yang diamati sebelumnya dengan penyakit kardiovaskular," imbuhnya.

Baca Juga: Hasil Penelitian: Keluyuran Naik Motor Bisa Menyehatkan Mental

Melansir dari Healthsots, penelituan ini melibatkan 19.408 peserta dari UK Biobank. Para peneliti memeriksa hubungan asupan daging merah dan olahan yang dilaporkan sendiri dengan fungsi dan anatomi jantung.

fungsi jantung

Para peneliti menemukan bahwa asupan daging merah dan olahan yang lebih besar dikaitkan dengan ukuran pencitraan kesehatan jantung yang lebih buruk, di semua ukuran yang dipelajari. Secara khusus, individu dengan asupan daging yang lebih tinggi memiliki ventrikel yang lebih kecil, fungsi jantung yang lebih buruk, dan arteri yang lebih kaku. Kondisi-kondisi tersebut merupakan penanda kesehatan kardiovaskular yang lebih buruk.

Pembandingnya, para peneliti juga menguji hubungan antara pengukuran pencitraan jantung dan asupan ikan berminyak yang sebelumnya dikaitkan dengan kesehatan jantung yang lebih baik. Mereka menemukan bahwa saat jumlah konsumsi ikan berminyak meningkat, fungsi jantung meningkat dan arteri lebih lentur.

Itulah akibat jika terlalu banyak asupan daging olahan dan bisa melemahkan fungsi jantung. Semoga penelitian di atas bisa menambah wawasan kamu. 

Baca Juga: Penelitian di Spanyol Ungkap Bakteri Nonaktif Mampu Redam Covid-19 Pada Tikus

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait