alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kekurangan Asupan Vitamin D Bisa Ganggu Fungsi Otot

Dinar Surya Oktarini Sabtu, 27 November 2021 | 17:54 WIB

Kekurangan Asupan Vitamin D Bisa Ganggu Fungsi Otot
Menjaga kesehatan otot agar tidak mudah pegal dan nyeri/ fungsi otot (Shutterstock)

Penelitian mengenai hubungan antata kekurangan vitamin D dan gangguan fungsi otot ini.

SuaraJogja.id - Diketahui vitamin D memiliki banyak manfaat untuk kebaikan tulang, namun tidak hanya itu dalam sebuah penelitian kekurangan asupan vitamin D dapat mengganggu fungsi otot

Selama ini vitamin D penting untuk tulang, karena hal tersebutpenting bagi anak di masa pertumbuhan untuk dapat asupan vitamin D yang yang.

Hal ini karena menurut penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Endocrinology, kekurangan vitamin D dapat mengganggu fungsi otot dan juga penurunan produksi energi.

Uji coba ini dilakukan pada tikus yang mengalami kekurangan vitamin D, yang hasilnya menemukan adanya gangguan fungsi mitokondria (pembangkit tenaga) otot yang dapat menyebabkan fungsi, kinerja, dan juga pemulihan.

Baca Juga: Studi: Kekurangan Vitamin D Berkaitan dengan Penyakit Alzheimer dan Demensia

Melansir dari Medical Express, jika menambah vitamin D pada orang dewasa, dapat membantu mempertahankan kekuatan dan fungsi otot yang baik, juga mengurangi kerusakan otot karena faktor usia.

Vitamin D (Pixabay/stevepb)
Vitamin D/ fungsi otot (Pixabay/stevepb)

Dikatakan, vitamin D juga penting untuk menjaga kesehatan tulang, sekaligus mencegah rachitis dan osteoporosis. Kurangnya vitamin D juga terjradi pada populasi 40 persen di Eropa, yang dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit COVID-19, kanker, dan juga diabetes.

Meski studi tersebut hanya melaporkan hubungan dibanding penyebabnya, manfaat suplemen vitamin D menjadi subjek yang utama pada kesehatan.

Karena itu, sangat penting menambah vitamin D pada otot, terutama organ sel yang disebut mitokondria yang mengubah nutrisi menjadi energi bagi tubuh. Meski peran vitamin D bagi orang usia tua sangat sulit, hal ini adanya sejumlah kondisi penyakit sebelumnya, sehingga vitamin D belum menjadi pengaruh bagi peningkatan otot.  

Menurut Dr. Andrew Philp dari Garvan Institute of Medical Research Australia, uji coba ini dilakukan pada tikus yang diberi makan dengan kadar vitamin D dalam jumlah yang normal, juga tikus lain yang tidak diberi vitamin D selama tiga bulan.

Baca Juga: Pasien Diabetes Berisiko Alami Depresi, Bisakah Dicegah dengan Vitamin D dan Omega-3?

Ilustrasi otot manusia, anatomi manusia, belajar biologi (elemen envato)
Ilustrasi otot manusia, anatomi manusia, belajar biologi/ fungsi otot(elemen envato)

“Hasil kami menunjukkan, ada hubungan yang jelas antara kekurangan vitamin D dan kapasitas oksidatif di otot rangka,” ungkapnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait