facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Simak! Ini Pengertian Hewan Vertebrata Beserta Pengelompokannya

Pebriansyah Ariefana Rabu, 26 Januari 2022 | 05:42 WIB

Simak! Ini Pengertian Hewan Vertebrata Beserta Pengelompokannya
Ilustrasi burung hantu (Pixabay/Alpcem)

Secara garis besar, hewan vertebrata dapat diartikan sebagai hewan bertulang belakang. Namun pengelompokan hewan jenis ini ada beberapa.

SuaraJogja.id - Secara garis besar, hewan yang ada di muka bumi ini bisa dibedakan dalam dua kategori, yakni vertebrata dan invertebrata.

Vertebrata adalah hewan atau mahluk hidup yang memiliki tulang belakang, sementara invertebrate adalah sebaliknya, yakni tidak memiliki tulang belakang. Nah, kali ini kita akan ulas seputar hewan vertebrata.

Tulang belakang pada hewan vertebrata berfungsi untuk menyokong tubuh, karena sebagian besar hewan jenis ini dapat berdiri pada kakinya.

Meski begitu, ada juga hewan vertebrata yang tidak bisa berdiri, melainkan berenang. Seperti ikan. Namun pada posisi itu, tubuh ikan tetap bertumpu pada tulang belakang, agar bisa bergerak lihai.

Baca Juga: Karantina Pertanian Makassar Serahkan Puluhan Reptil Endemik Sulawesi Kepada BKSDA Sulawesi Selatan

Berbicara mengenai hewan vertebrata, tentu ingatan kita seakan kembali lagi ke masa sekolah dulu, dimana hewan jenis ini pernah disinggung pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam atau Biologi.

Untuk bernostalgia dengan ke dua mata pelajaran tersebut, sekaligus menyegarkan kembali ingatan kita, maka kali ini kita akan ulas mengenai Ciri-ciri dan klasifikasi hewan vertebrata.

1. Ciri-ciri hewan Vertebrata

Sebagaimana telah kita ulas di atas, hewan vertebrata adalah hewan yang memiliki tulang belakang. Selain itu, hewan vertebrata memiliki sejumlah ciri lainnya yang membedakannya dengan hewan lainnya.

Laman gramedia.com menulis, salah satu ciri hewan vertebrata adalah memiliki tubuh yang simetris. Ini artinya, bagian tubuh sebelah kiri dan sebelah kanan sama besarnya. Ini pula yang membuat tubuh hewan vertebrata seimbang ketika berjalan, terbang ataupun berenang.

Baca Juga: Tulang Manusia Ditemukan dalam Perut Buaya yang Tertangkap di Batam

Selain itu, organ tubuh hewan vertebrata terlindungi oleh rangka dalam, atau endoskeleton. Rangka dalam tersebut melindungi sejumlah organ tubuh vital, seperti jantung dan paru-paru atau insang. Namun untuk otak ada pengecualian.

Sebagai salah satu organ vital, otak tidak dilindungi oleh rangka dalam, melainkan tulang tengkorak atau kranium.

Selain yang suda disebutkan di atas, ciri lainnya pada hewan vertebrata antara lain:

- Memiliki syaraf yang terdiri dari otak dan sumsum tulang belakang

- Bernafas dengan paru-paru, kulit dan insang.

- Memiliki kelenjar bundar dan endoksin yang menghasilkan hormon pengendali.

- Memiliki suhu tubuh yang panas dan tetap (homoiternal) atau bersuhu tubuh dingin sesuai dengan kondisi lingkungan (poikiloternal).

- Alat pencernaan memanjang mulai dari mulut hingga ke anus, yang letaknya di sebelah vertran dan di belakang.

- Berkulit epidermis (bagian luar) dan kulit endodermis (bagian dalam).

- Alat reproduksi berpasangan, kecuali pada burung.

2.  Klasifikasi hewan vertebrata

Hingga kini, hewan vertebrata dapat diklasifikasikan dalam lima kelompok, yakni

- Pisces

Pisces adalah kelompok hewan jenis ikan. Dallam hal ini, ikan yang dimaksud meliputi ikan air asin dan air tawar yang bernapas menggunakan insang.

Selain itu hewan ini juga memiliki sirip yang berfungsi sebagai alat untuk menentukan arah tubuh, apakah ke kiri atau ke kanan.

Pisces termasuk hewan yang berdarah dingin, atau yang memiliki suhu tubuh yang menyesuaikan dengan lingkungan sekitar.

- Amphibia

Kita mengenal ampihibia sebagai hewan yang bisa hidup di dua habitat, yakni darat dan air. Habitat amphibian biasanya berada di sekat air dan tempat yang lembab, misalnya seperti rawa dan hutan hujan tropis.

- Reptilia

Dalam bahasa latin, reptile artinya adalah melata. Karena itulah hewan reptilia biasanya berjalan dengan cara melata, seperti ular atai kadal. Hewan vertebtara yang satu ini memiliki kulit yang bersisik yang berfungsi untuk mencegah kekeringan.

- Aves

Aves adalah hewan vertebrata dari kelompok burung. Hewan ini memiliki tubuh yang ditutupi oleh bulu, serta memiliki sayap yang digunakan untuk terbang. Selain itu tulang pada kelompok aves ini berongga, sehingga memiliki bobot yang lebih ringan.

- Mammalia

Ciri khas dari hewan vertebrata kelompok mammalia adalah memiliki kelenjar susu. Karena itu mammalia juga kerap disebut sebagai hewan menyusui. Kelenjar susu pada hewan mammalia biasanya berada di daerah dada dan perut.

Demikian tadi sekelumit ulasan mengenai hewan vertebtara. Semoga uraian singkat ini bisa bermanfaat serta menambah wawasan dan pengetahuan kita semua.

Kontributor : Damayanti Kahyangan

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait