facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Melonjak Signifikan, Bandara YIA Catat Hampir 7.000 Penumpang Pulang Pergi Saat Imlek

Galih Priatmojo | Hiskia Andika Weadcaksana Selasa, 01 Februari 2022 | 19:23 WIB

Melonjak Signifikan, Bandara YIA Catat Hampir 7.000 Penumpang Pulang Pergi Saat Imlek
Kondisi Yogyakarta International Airport atau Bandara YIA pada Minggu (2/1/2022) - (SuaraJogja.id/Hiskia Andika)

Jumlah itu merupakan aktivitas pulang pergi dari pengguna jasa penerbangan di Bandara YIA.

SuaraJogja.id - Sebanyak hampir 7.000 penumpang tercatat melakukan perjalanan melalui Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulon Progo pada libur Imlek 2022 kali ini. Jumlah itu merupakan aktivitas pulang pergi dari pengguna jasa penerbangan di Bandara YIA.

Pelaksana Tugas Sementara Airport Operation Service and Security Senior Manager YIA, Rahmat Febrian menuturkan memang ada kenaikan dari segi jumlah penumpang saat Imlek kali ini.

"Memang saat Imlek ini ada kenaikkan jumlah penumpang cukup signifikan. Hingga siang ini saja sudah menyentuh 6.900an orang untuk pulang pergi," kata Rahmat kepada awak media, Selasa (1/2/2022). 

Disampaikan Rahmat, jumlah tersebut memang tergolong naik jika dibandingkan dengan hari-hari biasa sebelum Imlek. Jika mengacu pada data dari Bandara YIA kenaikan sudah dirasakan sejak H-2 sebelum Imlek tepatnya pada Minggu (30/1/2022) lalu.

Baca Juga: Tahun Baru Imlek Kelabu Dirasakan Inul Daratista, Ternyata Ini Kisah Sedihnya

Saat itu jumlah penumpang menyentuh total angka 7.371 per hari. Dengan rincian sebanyak 3.397 dari kedatangan dan 3.974 orang berasal keberangkatan. 

Jika dibandingkan hari-hari sebelum Imlek, kata Rahmat, rata-rata jumlah penumpang di bandar udara yang berada di utara Pantai Glagah itu pada saat hari biasa berkisar di angka 3.000-4.000 orang per hari. 

"Rute yang paling banyak dilayani adalah dari dan menunju Jakarta lewat Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng yakni sebanyak 14 penerbangan. Lalu disusul dengan rute lain seperti Balikpapan dan Pekanbaru," ungkapnya.

Sementara itu salah satu calon penumpang pesawat di YIA, Dinda mengatakan perjalanan yang bertepatan pada saat libur Imlek ini akibat ada acara mendadak. Perempuan 22 tahun itu berencana pulang ke Jakarta.

"Iya ini pas kebetulan ada acara mendadak jadi harus pulang hari ini," kata Dinda.

Baca Juga: Keren! Sambut Tahun Baru Imlek, Penumpang KA di Stasiun Tawang Dihibur Barongsai

Terkait peningkatan jumlah penumpang di Bandara YIA, Dinda berujar justru tidak terlalu dirasakan. Malah ia menyebut masih tergolong sepi jika dibandingkan saat keberangkatannya dari Bandara Jakarta 3 hari lalu.

"Kalau ini sih kelihatannya masih agak sepi ya. Beda waktu saya berangkat dari bandara Jakarta kemarin beberapa hari lalu lebih padat," ungkapnya. 

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait