facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Jokowi Lebaran di Jogja, Pemkot Siapkan Balai Kota untuk Salat Id

Eleonora PEW | Muhammad Ilham Baktora Kamis, 28 April 2022 | 18:42 WIB

Jokowi Lebaran di Jogja, Pemkot Siapkan Balai Kota untuk Salat Id
Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi memberi paparan kepada wartawan terkait rencana Presiden Jokowi yang akan lebaran Idul Fitri di Jogja di sela Jumpa Pers Pengamanan Libur Lebaran, di Balai Kota Yogyakarta, Kamis (28/4/2022). - (SuaraJogja.id/Muhammad Ilham Baktora)

Pemkot sudah mengondisikan sejumlah tempat yang nantinya menjadi jalur Jokowi beraktivitas di Jogja.

SuaraJogja.id - Pemerintah Kota Yogyakarta menyiapkan sejumlah tempat pelaksanaan salat Idul Fitri, termasuk di Balai Kota Yogyakarta pada Idul Fitri 1443 Hijriah. Persiapan itu menyusul rencana Presiden Joko Widodo (Jokowi), yang memutuskan berlebaran di Jogja.

Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi belum bisa memastikan apakah Jokowi akan melaksanakan salat Ied di Balai Kota ata tidak.

"Jadi kita menyiapkan, semua tempat sudah siap. Tidak hanya di Balai Kota saja. Nanti pak Jokowi memilih yang mana, tapi kita sudah siapkan, mau di Balai Kota Jogja kalau memang beliau salat Ied di Balai Kota," terang Heroe saat pemaparan Persiapan Pengamanan Libur Lebaran Kota Jogja, di Balai Kota Yogyakarta, Kamis (28/4/2022).

Pemkot sudah mengondisikan sejumlah tempat yang nantinya menjadi jalur Jokowi beraktivitas di Jogja. Pihaknya juga sudah mengantisipasi hal lain di wilayah Jogja.

Baca Juga: Presiden Jokowi Bakal Lebaran di Jogja, Sri Sultan HB X Salat Id di Keraton Yogyakarta

"Presiden akan berada di Jogja pada Idul Fitri maka kami sudah antisipasi dengan pembangunan posko utama. Ada di tiga tempat, Titik Nol, Teteg Malioboro dan posko pengamanan di Tugu Jogja," terang dia.

Ia menjelaskan, selain posko utama, dalam mengantisipasi libur dan kepadatan di Jogja Pemkot juga membangun pos pantau.

"Kita letakkan di pinggir Kota Jogja. Itu memantau seputaran yang ada di luar. Posko ini melibatkan TNI-Polri dan pemkot dengan jajaran Satpol PP, Dishub dan Dinkes untuk membantu wisatawan yang datang ke Jogja," kata dia.

Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Yogyakarta, Agus Arif Nugroho memastikan libur lebaran mulai 29 April-8 Mei 2022 akan menambah kepadatan. Terhitung sejak Kamis ini, angka kepadatan di Jogja mengalami kenaikan 5 persen.

Ia mengatakan saat libur lebaran akan terjadi kepadatan di tiap titik Kota Jogja. Pihaknya mengimbau agar masyarakat dan wisatawan memanfaatkan transportasi publik yang tersedia di jogja.

Baca Juga: Antisipasi Mace Saat Mudik Lebaran, Pemkot Jogja Siapkan Panduan Sistem Informasi ke Pengendara

"Yang jelas Kota ini kan kecil, kalau libur lebaran nanti pasti sangat padat. Maka dari itu kita mengimbau warga cukup menggunakan transportasi publik, Trans Jogja atau kendaraan publik lain," katanya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait