facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Mau Mudik? Simak 6 Tips Tinggalkan Sepeda Motor dari Honda

Eleonora PEW | Rahmat jiwandono Sabtu, 30 April 2022 | 18:55 WIB

Mau Mudik? Simak 6 Tips Tinggalkan Sepeda Motor dari Honda
Ilustrasi melepas kabel yang terhubung pada terminal negatif aki sepeda motor - (SuaraJogja.id/HO-AHM Yogyakarta)

Di momen mudik Lebaran, tak jarang sepeda motor Honda kesayangan akan ditinggal dalam waktu yang cukup lama.

SuaraJogja.id - Perayaan Hari Raya Idul Fitri tinggal menghitung hari. Masyarakat yang hidup di perantauan sudah mulai mempersiapkan diri untuk melakukan migrasi tahunan yang dikenal luas sebagai mudik.

Saat melakukan perjalanan mudik dengan menggunakan moda transportasi umum ataupun mobil pribadi, tak jarang sepeda motor Honda kesayangan akan ditinggal dalam waktu yang cukup lama. Untuk memastikan sepeda motor Honda tetap dalam kondisi prima saat akan digunakan setelah pulang dari kampung halaman.

Technical Training Coordinator Astra Motor Yogyakarta Danang Priyo Kumoro memaparkan agar menyimpan sepeda motor di tempat yang teduh. Simpan sepeda motor di tempat yang aman dari hujan dan panas sinar matahari langsung (dijemur).

"Kami rekomendasikan untuk menyimpan sepeda motor di dalam garasi atau ruang tertutup. Jika perlu tutup dengan kaver sepeda motor agar debu tidak menempel pada sepeda motor," ungkapnya, Jumat (29/4/2022).

Baca Juga: Viral Ultraman Ikut Mudik Naik Kapal Feri sambil Bawa Ember, Publik Heboh

Kedua, dirikan sepeda motor dengan standar ganda (main stand). Sedangkan untuk beberapa tipe motor sport yang tidak dilengkapi dengan standar ganda, lebih baik dirikan sepeda motor dengan paddock stand.

"Selain itu, kami merekomendasikan untuk memberi alas kayu, keset, atau karton pada permukaan ban yang menempel ke lantai. Karena ban yang bersentuhan langsung ke lantai akan lebih cepat kehilangan tekanan udara," jelasnya.

Ketiga, simpan sepeda motor dalam kondisi bersih dan kering. Sebelum meninggalkan sepeda motor untuk mudik, jangan lupa cuci dan keringkan hingga benar-benar bersih dan kering.

"Air yang tertinggal bisa memicu munculnya korosi atau karat serta noda bekas air di bagian badan sepeda motor," ujar dia.

Keempat, cabut aki sepeda motor jika mudik dalam waktu yang lama. Apabila memutuskan untuk mudik dalam jangka waktu yang cukup lama, lebih baik cabut aki sepeda motor.

Baca Juga: 3 Momen Random Pemudik Isi Kegabutan di Tengah Kemacetan, Kocak Abis!

"Jika tidak dicabut, aliran listrik dari aki akan terus mengalir ke berbagai komponen yang ada sehingga aki soak atau kehilangan daya," terang dia.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait