facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Komitmen Pelihara Budaya Adiluhung Bangsa, FBS UNY Gelar Festival Dalang Cilik

Muhammad Ilham Baktora | Hiskia Andika Weadcaksana Senin, 16 Mei 2022 | 15:45 WIB

Komitmen Pelihara Budaya Adiluhung Bangsa, FBS UNY Gelar Festival Dalang Cilik
Festival Dalang Cilik (FDC) yang diselenggarakan Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Univeritas Negeri Yogyakarta (UNY) bertempat di Gedung Karawitan FBS UNY. (Dok.Universitas Negeri Yogyakarta).

Tujuannya dapat menguasai unsur-unsur dalam pewayangan sehingga anak semakin cerdas dalam meniti tataran kedewasaannya menuju manusia yang berjiwa mulia.

SuaraJogja.id - Universita Negeri Yogyakarta (UNY) menggelar kegiatan pentas Festival Dalang Cilik (FDC) 2022. Acara yang digelar oleh Fakultas Bahasa dan Seni UNY itu bertujuan untuk tetap memelihara budaya luhur bangsa agar tidak semakin ditinggalkan oleh perkembangan bangsa.

Ketua Panitia FDC Sukisno menuturkan tercatat ada 30 peserta yang mengikuti kegiatan ini. Jumlah tersebut terdiri dari 15 peserta yang masih duduk di bangku SMP dan 15 peserta adalah siswa SD.

Menurutnya kegiatan ini penting untuk dapat menanamkan nilai-nilai edukasi khususnya terhadap budaya bangsa kepada generasi muda. Sekaligus juga untuk semakin mengasah kemampuan pewayangan setiap peserta.

Tidak hanya dalam pengetahuan tentang teknis saja. Melainkan juga dapat menguasai unsur-unsur dalam pewayangan sehingga anak semakin cerdas dalam meniti tataran kedewasaannya menuju manusia yang berjiwa mulia.

Baca Juga: Isi Ceramah Tarawih di Masjid Kampus UGM, Mantan Rektor UNY Sebut Imtaq dan Iptek Harus Seimbang di Era Modern

"Tujuannya untuk mendidik anak untuk mencintai kebudayaannya sendiri, khususnya wayang kulit," ujar Sukisno dalam keterangannya, Senin (16/5/2022).

Dari 30 peserta yang mengikuti festival ini berasal dari berbagai daerah. Di antaranya ada Jawa Timur yang mengirim 5 peserta, Jawa Tengah 9 peserta dan DIY 16 peserta.

Terdapat nama Muhammad Krisna Aditya dari Sanggar Bumiretawu Muntilan yang masih duduk di kelas 1 SD. Ia tercatat sebagai peserta termuda dalam FDC kali ini.

Selain itu ada pula 2 peserta yang merupakan dalang wanita yaitu Sadu Pramesi siswa kelas 6 dari SDN 1 Gayam Sukoharjo dan Budiana Penty Widya Nada siswa kelas 8 dari SMPN 1 Temon Kulon Progo.

Penampilan para peserta dalam FDC ini akan dinilai oleh beberapa juri yang menguasai dalam bidangnya. Mulai dari Suminto A. Sayuti dari Fakultas Bahasa dan Seni UNY, lalu Udreka dari ISI Yogyakarta serta Blasius Subono dari ISI Surakarta.

Baca Juga: Kagum Penampilan Dalang Cilik Asal Rejowinangun, Sandiaga Uno Ingin Ajak Tampil ke Amerika

Ada 4 kriteria yang akan menjadi penilaian utama dalam festival ini yaitu antawacana atau percakapan pada pentas wayang yang berupa dialog, atau bahasa isyarat lainnya, cerita, sabetan dan iringan.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait