Ramai Kasus Sengatan Ubur-ubur, Ini Pantai yang Aman di Yogyakarta

M. Reza Sulaiman
Ramai Kasus Sengatan Ubur-ubur, Ini Pantai yang Aman di Yogyakarta
Pantai Baron Yogyakarta cocok untuk wisatawan yang sedang berlibur. (Suara.com/Rahmat Ali)

Kasus sengatan ubur-ubur menghantui wisatawan di Yogyakarta. Ini rekomendasi pantai yang aman dari ubur-ubur.

Suara.com - SAR Gunungkidul Yogyakarta merekomendasikan pantai yang aman dari sengatan ubur-ubur bagi para wisatawan yang akan berlibur di pantai selatan.

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul Marjono mengatakan hanya pantai Baron yang aman digunakan untuk mandi atau hanya sekedar bermain air.

"Untuk pemudik yang ingin mandi atau hanya sekedar main air, silahkan ke Pantai Baron, pantai ini tidak ada ubur-ubur yang menepi," kata Marjono Sabtu (8/6/2019).

Alasannya kata Marjono, di Pantai Baron terdapat aliran sungai air tawar yang menjadi penghalang ubur-ubur untuk menepi.

"Ada aliran sungai air tawar, karena itu ubur-uburnya tidak menepi. Sungai ini juga aman untuk mandi di titik tertentu, tapi ada bagian yang dalam sekitar 4 meter," ujar Marjono lagi.

Selain itu Marjono menghimbau kepada wisatawan untuk mematuhi himbauan petugas serta bagi wisatawan yang ingin mandi agar menggunakan baju pelampung.

"(Kalau mau mandi) gunakan alat safety baju pelampung, kalau belum hafal medan tanya sama petugas yang ada, serta gunakan alas kaki untuk menghindari batu karang serta biota laut berduri," imbuhnya

Selama libur lebaran lebih dari sepuluh ribu wisatawan mengunjungi pantai ini. Selain untuk mandi wisatawan juga bisa bersuafoto dari atas Mercusuar Tanjung Baron.

Kontributor : Rahmad Ali

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS