Mendadak Viral, Putri Sultan Yogya Akui Sering Jajan Gorengan Naik Becak

Agung Sandy Lesmana
Mendadak Viral, Putri Sultan Yogya Akui Sering Jajan Gorengan Naik Becak
Putri Sultan Yogyakarta, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Bendara. (Suara.com/Putu Ayu Palupi).

"Tidak boleh malu dengan sejarah, tradisinya. Bahkan harusnya kita bangga, dengan bahasa Jawa, dengan naik becak..."

Suara.com - Putri Keraton Yogyakarta, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Bendara mengaku heran dengan beredarnya video dirinya menaiki sebuah becak di kawasan Malioboro.

Sebab, menurut putri kelima Raja Keraton Yogyakarta sekaligus Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan HB X itu sudah terbiasa beraktivitas di luar dengan menumpang kendaraan tradisional.

Gusti Bendara pun mengaku alasannya menaiki becak karena setiap Selasa Wage, kendaraan pribadi memang dilarang melintas di kawasan Malioboro yang kini menjadi semi pedistrian.

"Pas Selasa Wage, karena tidak ada kendaraan, ya (pilih) becak. Ya kebetulan saja. Kok kok gitu jadinya viral, saya bingung," kata dia saat dihubungi, Jumat (6/9/2019).

GKR Bendara naik becak. (Facebook)
GKR Bendara naik becak. (Facebook)

Dia juga mengaku tidak tahu siapa orang yang merekam video yang kini menjadi viral di dunia maya. Meski begitu, dia tak menampik sering menaiki becak untuk kegiatan sehari-harinya bila tidak terlalu jauh jaraknya. Apalagi di kawasan Malioboro dan titik-titik macet, Gusti Bendara kesulitan untuk parkir kendaraan pribadi.

"Misalnya kalau beli gorengan di Wijilan, ya naik becak saja karena dekat dan lebih gampang," ungkapnya.

GKR Bendara naik becak. (Facebook)
GKR Bendara naik becak. (Facebook)

Gusti Bendara mengaku pada Selasa Wage lalu, dia juga berangkat ke kantor DPRD DIY dengan naik becak. Kendaraan tradisional itu dipilihnya sebagai upaya melestarikan budaya selain gampang dijangkau.

"Tidak boleh malu dengan sejarah, tradisinya. Bahkan harusnya kita bangga, dengan bahasa Jawa, dengan naik becak, naik andong bukan masalah jaman dahulu atau gimana tapi sesuatu yang perlu kita uri-uri (lestarikan)," katanya.

Diketahui, nama Gusti Bendara sempat menjadi perbincangan warganet setelah video menaiki becak di Malioboro viral di media sosial.

Dalam video yang beredar luas tersebut, mantan finalis Miss Indonesia tersebut naik becak dari depan Beteng Vredeburg pada Selasa (27/8/2019) lalu. Gusti Bendara yang mengenakan baju biru tersebut menenteng makanan yang dibelinya dari salah satu resto cepat saji.

Tukang becak yang didatangi ibu dua anak tersebut tidak mengetahui kalau penumpangnya merupakan putri bungsu Raja Kraton Yogyakarta. Dalam video yang diabadikan salah satu warganet tersebut, Gusti Bendara naik becak menuju Keraton Yogyakarta.

Kontributor : Putu Ayu Palupi

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS