Pemda DIY Mau Buat Rest Area di Tol Solo-Jogja-YIA: Bukan dari Investor

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana
Pemda DIY Mau Buat Rest Area di Tol Solo-Jogja-YIA: Bukan dari Investor
Sri Sultan Hamengkubuwono X. [Suara.com/Putu Ayu P]

"Supaya harganya [harga sewa] enggak mahal," ujar HB X.

Suara.com - Permintaan Pemkab Sleman supaya disediakan fasilitas rest area di tol Solo-Yogyakarta-Bandara YIA Kulon Progo akhirnya direspons Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X (HB X).

Keinginan itu, kata HB X, bisa diakomodasi, tetapi nantinya rest area tersebut bukan dari investor, melainkan menjadi milik Pemda DIY.

"Ya nanti ada rest area, hanya, rest area bukan yang investasi [milik] pengusaha tol, tapi [rest area milik] Pemda [DIY]," ucapnya, dikutip dari HarianJogja.com, seusai melantik Bupati Kulon Progo di Kepatihan, Kamis (7/11/2019).

HB X juga menyatakan kesiapan Pemda DIY untuk mengadakan lahan rest area.

Dirinya menambahkan, pengadaan rest area dari Pemda DIY bertujuan supaya warga lokal yang ingin memasukkan produk UMKM tak perlu mengeluarkan biaya yang mahal untuk sewa pemanfaatan.

"Supaya harganya [harga sewa] enggak mahal," ujar HB X.

Di samping itu, dirinya menyadari bahwa pengadaan rest area memang tak masuk dalam perencanaan. Meski begitu, menurut pernyataannya, ada ruang dari pemerintah pusat untuk usulan daerah.

"Tapi kan [rest area] tidak masuk dalam perencanaan mereka [pemerintah pusat]. Tapi ada akses [usulan daerah], nanti aksesnya kan ke tempat pariwisata dan sebagainya," kata dia.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS