Begini Modus Komplotan Pencuri Bagasi Pesawat di Bandara Adisutjipto

Galih Priatmojo | Muhammad Ilham Baktora
Begini Modus Komplotan Pencuri Bagasi Pesawat di Bandara Adisutjipto
Kepolisian Daerah (Polda) DIY menggelar jumpa pers di Mapolda DIY terkait penangkapan komplotan pencuri bagasi pesawat di Bandara Adisutjipto, Jumat (20/12/2019). [Muhammad Ilham Baktora / SuaraJogja.id]

Pelaku melancarkan aksinya dengan lihai dan rapi.

SuaraJogja.id - Lima pelaku pencurian bagasi pesawat di Bandara Adisudjipto berhasil dibekuk jajaran Polda DIY.

Diketahui, para pelaku tergolong sangat lihai dan rapi dalam melancarkan aksinya.

Dir Reskrimum Polda DIY, AKBP Burkan Rudy Satria saa menggelar jumpa pers di Mapolda DIY menjelaskan, dalam melakukan aksi kejahatan itu, para pelaku sengaja merobek sebagian kecil karung dan mengambil beberapa barang yang ada. Sehingga bobot barang ketika ditimbang tidak berubah banyak.

"Modus pencuriannya, pelaku ini menyobek bagian karung dan mengambil satu buah barang. Setelah itu mereka menjahit kembali. Jadi bobotnya tak berubah saat ditimbang. Aksi itu dilakukan saat berada di lambung pesawat, sehingga jauh dari jangkauan kamera pengawas (cctv)" jelas Burkan, Jumat (20/12/2019).

Penangkapan kelima pelaku tersebut merupakan pengembangan dari laporan yang dibuat oleh perusahaan ekspedisi JNE.

Koordinator Security JNE DIY, Arif Wiyanta menjelaskan, pihaknya mendapat keluhan dari konsumen karena barang pengiriman tak sesuai dengan jumlah awal. Pihak JNE langsung mendatangi ke Bandara Adisudjipto namun tidak mendapat jawaban yang jelas, sehingga melaporkannya ke Polsek Depok dan diteruskan ke Polda DIY.

"Kami menemukan karung yang tidak sesuai SOP (robek). Jadi ada jahitan khusus dari pihak kami, karung sendiri robek sekitar 15 sentimeter. Kasus ini kami selidiki lebih lanjut dan melaporkan ke Polsek Depok lalu dilanjutkan ke pihak Polda DIY" jelas dia.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS