facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Yunahar Ilyas Meninggal di Yogyakarta, Sejumlah Tokoh Ungkapkan Dukacita

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana Jum'at, 03 Januari 2020 | 14:20 WIB

Yunahar Ilyas Meninggal di Yogyakarta, Sejumlah Tokoh Ungkapkan Dukacita
Jenazah Ketua PP Muhammadiyah, Yunahar Ilyas untuk sementara disemayamkan di Kantor PP Muhammadiyah, di Jalan Cik Di Tiro No. 23, Yogyakarta, Jumat (3/1/2020). [Putu Ayu Palupi / Kontributor]

Mulai dari Dahnil Anzar hingga Anis Matta, doa dan ungkapan dukacita disampaikan atas meninggalnya Yunahar Ilyas.

SuaraJogja.id - Berpulangnya Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah sekaligus Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (Waketum MUI) Pusat Yunahar Ilyas meninggalkan duka bagi masyarakat luas.

Yunahar Ilyas meninggal dunia pada Kamis (02/01/2020) pukul 23.47 WIB di RSUP Dr Sardjito setelah kondisinya kritis dan harus masuk ICU.

Ketua PP Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman mengungkapkan, saat dirawat di rumah sakit, rencananya Yunahar akan menjalani operasi cangkok ginjal. Namun tiba-tiba kondisi fisiknya menurun dan harus dirawat di ICU.

Jenazah Yunahar dikebumikan di Makam KH Ahmad Dahlan Jalan Karangkajen, Kelurahan Brontokusuman, Kecamatan Mergangsan, Kota Yogyakarta, pada pukul 13.00 WIB.

Baca Juga: Komunitas Offroad Bantu Evakuasi Kendaraan yang Bertumpuk di PGP Bekasi

Sebelum itu, jenazah disemayamkan di Kantor PP Muhammadiyah Yogyakarta pada dan pada pukul 10.30 WIB dilaksanakan pelepasan jenazah di Masjid Gedhe Kauman.

Para pelayat pun berdatangan di Masjid Gedhe Kauman, termasuk sejumlah tokoh Muhammadiyah. Di antaranya Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir dan Rektor Universitas Ahmad Dahlan (UAD) sekaligus Ketua Majelis Pustaka dan Informasi PP Muhammadiyah Muchlas MT.

Selain itu, ungkapan belasungkawa juga disampaikan para tokoh melalui media sosial. Berikut lima di antaranya:

1. Dahnil Anzar Simanjuntak

Juru Bicara Menhan Prabowo Subianto sekaligus Mantan Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah ini menilai Yunahar sebagai ulama yang pengajiannya selalu mencerahkan.

Baca Juga: Diam-diam ke Waduk Pluit Usai Banjir, Jokowi: Ini Alat Enggak Jalan ya?

"Indonesia kembali berduka, kita kehilangan Ulama nan lurus, Buya Prof Yunahar Ilyas. Beliau adalah Wakil Ketua Umum MUI dan juga ulama Muhammadiyah. Ulama ahli tafsir Al-Qur'an ini adalah salah satu ulama yang buku-bukunya rajin saya baca, pengajian-pengajiannya selalu mencerahkan," cuit @Dahnilaznar.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait