Alumnus UII Diduga Lakukan Pelecehan, Ini Penuturan Salah Seorang Korban

M Nurhadi
Alumnus UII Diduga Lakukan Pelecehan, Ini Penuturan Salah Seorang Korban
Ilustrasi pelecehan seksual (Pixabay).

"UII mendorong korban untuk membawa masalah ini ke ranah hukum, karena status IM sudah sebagai alumnus," kata Ketua Tim Pendampingan Korban Syarif Nurhidayat.

SuaraJogja.id - Seorang mahasiswi sebuah universitas di Malang mengungkap IM pernah mengirimkan pesan percakapan berbau seksis kepadanya, pada 2019. 

Narasumber yang juga diketahui aktif mengikuti berbagai kegiatan di tingkat internasional ini, telah mengunggah pandangan dan isi percakapannya bersama IM di media sosial miliknya. 

"Kenapa baru speak up? Jadi awalnya aku enggak berani, pasti dikiranya ini hal biasa untuk cowok dan aku memang sudah ceritakan ke teman aku isi direct message (DM) sama dia [IM]. Reaksi pasti mereka enggak percaya lah, coba liat post dan story [IM], enggak ada keliatan kan dia kayak gitu [melecehkan]," ujarnya saat dihubungi Suarajogja Kamis (30/4/2020).

Pada Rabu (29/4/2020) seorang teman bertanya padanya, apakah ia mengenal IM atau tidak. Lantas narasumber menyampaikan ceritanya ke akun @uiistory terkait tindakan IM.

Menurutnya, IM merupakan orang yang santai dan tidak pernah berbicara perihal materi seksis saat bertemu langsung. Namun, berbeda ketika saat percakapan lewat aplikasi. Dalam gambar tangkapan layar yang ia unggah, terdapat sejumlah frasa yang bernada melecehkan.

Narasumber mengaku hanya mengenal IM lewat media sosial, setelah sebelumnya dikenalkan oleh rekannya yang kemudian saling follow di media sosial mereka. 

Sementara itu, narasumber juga mengaku pernah bertemu IM dan suatu kali diajak menonton film berdua di Bandung sekitar Januari 2019. Namun, narasumber menolak ajakan tersebut. 

"Pas aku nolak gak jadi nonton berdua, dia langsung beda banget mukanya [IM]," tuturnya lagi.

Tak berani melaporkan tindakan IM ke polisi, narasumber memilih melaporkan apa yang ia alami ke akun @uiistory dan @uiibergerak. Menurutnya, IM perlu diberi sanksi etik kampus agar jera. Ia berharap, terduga pelaku tak lagi melakukan tindakan tersebut dan mengakui kesalahannya.

"Semoga yang dia dakwahkan bisa jadi contoh yang baik pula," ucapnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS