Pasien Positif COVID-19 Kulon Progo Tambah 3 Orang, Total 4 Dirawat di RS

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana | Hiskia Andika Weadcaksana
Pasien Positif COVID-19 Kulon Progo Tambah 3 Orang, Total 4 Dirawat di RS
Ilustrasi Covid-19 (Unsplash/Adam Niescioruk)

"Untuk KP-12, 13, dan 14 satu keluarga tapi sama-sama melakukan kontak dengan kasus positif asal Purworejo," kata Baning.

SuaraJogja.id - Kulon Progo mendapat tiga tambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19. Hingga saat ini total pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kulon Progo sudah mencapai 15 orang, dengan 11 kesembuhan.

Juru bicara Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Kulon Progo Baning Rahayujati menyampaikan bahwa dari tiga tambahan kasus ini, dua di antaranya berasal dari kontak erat dengan pedagang ikan asal Purworejo, dan satu sisanya memiliki riwayat perjalanan dari Kutai, Kalimantan.

"Ketiga pasien status OTG dan diisolasi di RSUD Wates sejak siang tadi," ujar Baning kepada awak media, Sabtu (20/6/2020).

Dijelaskan Baning lebih lanjut bahwa pasien terkonfirmasi positif Covid-19 KP-13 merupakan laki-laki berusia 18 tahun asal Kapanewon Temon. Pihaknya masih mengkaji lebih lanjut untuk pasien ini, apakah akibat kontak dengan kasus KP-12 atau kontak kasus positif Purworejo.

Selanjutnya, kasus positif KP-14 adalah laki-laki 50 tahun juga, asal Kapanewon Temon, yang diketahui kontak dengan kasus positif asal Purworejo. Sedangkan KP-15 merupakan laki-laki berusia 26 tahun asal Kapanewon Panjatan. Pasien KP-15 tersebut diketahui positif Covid-19 setelah melakukan tes swab mandiri untuk melengkapi persyaratan penerbangan.

"Untuk KP-12, 13, dan 14 satu keluarga tapi sama-sama melakukan kontak dengan kasus positif asal Purworejo," ungkapnya.

Baning menambahkan, Kulon Progo juga memiliki satu PDP dari Kapanewon Kalibawang yang saat ini dirawat di RSA Yogyakarta. Hingga saat ini ada 4 pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang sedang dirawat di RSUD Wates.

Ditegaskan Baning, masyarakat dimohon untuk tetap waspada dan melaksanakan protokol kesehatan., meningkatkan daya tahan tubuh dengan makan makanan bergizi seimbang, istirahat cukup, dan mengelola stres dengan baik.

"Hindari kerumunan, pakai masker dan jaga jarak satu sama lain karena kita tidak tahu siapa yang membawa virus," tandas Baning.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS