Yogyakarta Masuk Tiga Besar Kota Tujuan Wisatawan Lokal di Era New Normal

Risna Halidi | Dinda Rachmawati
Yogyakarta Masuk Tiga Besar Kota Tujuan Wisatawan Lokal di Era New Normal
Tugu Pal Putih Kota Yogyakarta alias Tugu Jogja - (SUARA.com/Rosiana)

Sebanyak 67 persen orang Indonesia terbukti tertarik untuk bepergian di era new normal. Kira-kira kota apa saja?

SuaraJogja.id - Setelah berbulan-bulan berada di rumah aja karena aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diterapkan di beberapa kota di Indonesia, saat ini tak sedikit masyarakat yang sudah sangat merindukan bepergian. 

Hal ini terbukti melalui riset yang dilakukan oleh Pegipegi kepada lebih dari 900 responden yang tersebar di seluruh Indonesia pada 8 - 12 Juni 2020.

Sebanyak 67 persen orang Indonesia terbukti tertarik untuk bepergian di era new normal. Lantas, destinasi mana yang akan paling banyak dituju oleh wisatawan di situasi new normal ini?

Menurut riset tersebut, 91 persen responden menjadikan destinasi domestik menjadi pilihan utama. 

Destinasi seperti Yogyakarta, Bandung, dan Jakarta menjadi tiga kota besar yang paling diminati, meski banyak dari responden yang memilih kota lainnya sebagai tujuan seperti Surabaya, Bali, Semarang, Padang, Palembang, hingga Sabang.

Sedangkan sembilan persen lainnya akan memilih untuk traveling ke luar negeri seperti Malaysia, Singapura, Thailand, dan beberapa negara lainnya seperti Arab Saudi, Australia, Korea, dan Belanda. 

"Angka ini menunjukan bahwa masyarakat memilih destinasi yang relatif lebih dekat dan mudah dijangkau pada situasi new normal," ungkap Serlina Wijaya, Chief Marketing Officer Pegipegi pada siaran pers yang Suara.com terima beberapa waktu lalu.

Hasil riset juga menunjukan bahwa wisata alam dan kuliner menjadi tujuan yang paling banyak diminati. Sedangkan moda transportasi yang paling banyak dipilih adalah pesawat (53 persen), disusul kendaraan pribadi (27 persen), kereta api (16 persen), dan bus (4 persen). 

Sementara untuk pilihan akomodasi, 49 persen memilih akomodasi dengan rentang budget sekitar Rp250 ribu - Rp500 ribu per malam.

Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa masyarakat Indonesia memiliki keinginan yang tinggi untuk bepergian kembali terutama menikmati destinasi domestik Indonesia.  
 

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS