Gejala Covid-19 Bisa Ganggu Pendengaran, Waspada Sensasi Tekanan di Telinga

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana | Shevinna Putti Anggraeni
Gejala Covid-19 Bisa Ganggu Pendengaran, Waspada Sensasi Tekanan di Telinga
Ilustrasi gangguan pada telinga. (Shutterstock)

Menurut pakar, sensasi tekanan di telinga akibat virus corona adalah hal yang wajar.

SuaraJogja.id - Makin bertambahnya pasien selama pandemi virus corona diirngi dengan ditemukannya lebih banyak gejala Covid-19. Selama ini diketahui gejala umum penyakit yang disebabkan virus corona SARS-CoV-2 ini antara lain batuk persisten hingga demam tinggi.

Di sisi lain, tak sedikit pasien yang sama sekali tidak mengalami gejala maupun pertanda terjangkit virus corona. Sementara itu, dilansir Express, ada sejumlah gejala lain virus corona di samping batuk dan demam, yaitu hilangnya indera penciuman, sakit perut, hingga telinga berdenging.

Bukan itu saja, rupanya Covid-19 juga bisa memengaruhi pendengaran. Pernyataan tersebut disampaikan Paul Garner, profesor penyakit menular di Liverpool School of Tropical Medicine. Garner mencatat pengalamannya bertarung dengan Covid-19 di jurnal BMJ.

Melalui jurnal tersebut, Garner mengaku mengalami sejumlah gejala virus corona Covid-19, termasuk yang ia rasakan di telinganya.

Namun, kasus Garner ini bukan yang pertama dilaporkan terkait gejala Covid-19 yang berdampak pada telinga. Connor Reed, seorang penduduk kota Wuhan di China, diyakini sebagai salah satu orang Inggris pertama yang terinfeksi virus corona Covid-19.

Connor juga mengaku mengalami tekanan di dalam telinganya hingga terasa tidak nyaman serta mengganggu pendengarannya. Lantas, Connor berusaha meringankan gejalanya dengan memasukkan cotton bud ke dalam telinga.

Kendati begitu, Garner mengungkapkan, bagi Anda yang mengalami kondisi serupa, tindakan Connor itu sebaiknya tidak dicontoh karena justru bisa membahayakan telinga.

Garner menjelaskan, tekanan di telinga akibat virus corona adalah hal yang wajar. Sebab, virus corona Covid-19 memiliki gejala mirip dengan flu biasa. Maka dari itu, terjadi tekanan di telinga, yang kemungkinan besar disebabkan oleh tabung yang tersumbat akibat virus.

Saat tabung Eustachius, yang menghubungkan telinga bagian dalam dan tengah, tersumbat, Anda dapat merasakan sensasi penuh dan tekanan di telinga. Anda juga akan merasakan pendengaran yang teredam dan membuat sakit telinga.

Gejala serupa juga bisa disebabkan oleh masalah di telinga tengah atau saluran telinga yang memengaruhi gendang telinga. Jika Anda mengalami kondisi tersebut, United Kingdom National Health Service (NHS) menyarankan Anda untuk melakukan isolasi mandiri selama tujuh hari atau lebih sampai gejalanya hilang, apalagi bila gangguan di telinga ini disertai dengan gejala umum lain dari infeksi virus corona Covid-19.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS