Jeruk Nipis atau Teh Hijau, Mana yang Lebih Efektif Turunkan Berat Badan?

Risna Halidi | Dinda Rachmawati
Jeruk Nipis atau Teh Hijau, Mana yang Lebih Efektif Turunkan Berat Badan?
Manfat teh hijau ( Shutterstock )

Benarkah jeruk nipis mampu membakar lemak berlebih dan membantumu menurunkan berat badan?

SuaraJogja.id - Berbagai bahan alami dipercaya mampu membakar lemak berlebih dan membantu menurunkan berat badan. Salah satunya ialah jeruk nipis yang belakangan menjadi buah yang paling banyak dicari masyarakat. 

Bahkan, beberapa produk berbasis jus jeruk nipis pun banyak dijual di pasaran, hal ini seakan memudahkan mereka yang tengah menjalani diet jeruk nipis. 

Lantas, benarkah jeruk nipis mampu membakar lemak berlebih dan membantumu menurunkan berat badan?

Menjawab hal tersebut Ardy Brian Lizuardi, Master of Science in Nutrician and Health Wageningen University, Belanda mengatakan bahwa hal ini adalah mitos belaka.

Menurut Ardy, hingga hari ini, belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan mengenai hal tersebut pada manusia. Karena selama ini, studi hanya dilakukan pada tikus.

"Tikus dan manusia jelas berbeda. Tapi bisa dimengerti juga karena memang banyak banget diet-diet yang infonya enggak benar," ujar Ardy dalam bincang-bincang virtual NutriClass, Selasa (30/6/2020).

Lebih lanjut ia menjelaskan, dibanding jeruk nipis, sebenarnya teh hijau jauh lebih efektif untuk memnakar lemak berlebih. 

Namun ia menekankan, jika berhubungan dengan penurunan berat badan, pembatasan asupan kalori serta olahraga juga berperan penting.

"Minum teh hujau benar bantu bakar lemak dan terbukti secara ilmiah. Penelitian menyebutkan orang yang minum 1-2 gelas teh hijau sehari dibanding dengan yang tidak, bisa mengalami penurunan berat badan spesifiknya lemak tapi tetap harus dijaga asupan kalorinya," tutup dia.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS