Kue Iklan Radio Turun, Pemkot Yogyakarta Lelang Saham Radio Swara Adhiloka

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana | Muhammad Ilham Baktora
Kue Iklan Radio Turun, Pemkot Yogyakarta Lelang Saham Radio Swara Adhiloka
Tangkapan layar lelang saham radio PT Swara Adhiloka dari situs web lelang KPKNL Yogyakarta

Hingga kini Wasesa menjelaskan bahwa radio Swara Adhiloka masih memutar siaran.

SuaraJogja.id - Pemkot Yogyakarta resmi mendaftarkan saham PT Radio Swara Adhiloka ke Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Yogyakarta. Saham radio yang mayoritas milik Pemkot Yogyakarta tersebut dilelang lantaran kue periklanan di media audio itu tak mencapai satu persen.

Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kota Yogyakarta Waseso membenarkan bahwa Pemkot menjual saham radio yang bergerak dalam bidang edukasi anak-anak yang berada di Taman Pintar Yogyakarta tersebut.

"Iya benar saham radio [Swara Adhiloka] kami lelang melalui KPKNL Yogyakarta. Lelang kami lakukan sesuai dengan analisis kami, dan kesimpulannya kami divestasi," jelas Waseso, ditemui wartawan di ruang kerjanya, Kamis (23/7/2020).

Wasesa menjelaskan, Pemkot, yang memiliki saham radio sebanyak 90 persen tersebut, menilai bahwa ada penurunan kue periklanan yang terjadi tiap tahunnya, sehingga lelang dilakukan.

"Secara pasaran radio turun drastis. Apalagi, informasi yang saya dapat, kue iklan radio sendiri tak sampai satu persen secara nasional. Radio yang paling kecil, selain itu, sasaran iklannya bukan ke anak-anak, tapi ke orang tua mereka," terangnya.

Dari beberapa faktor tersebut, Pemkot melepaskan saham mayoritas radio berformat anak-anak tersebut. Asetnya bebas dimiliki masyarakat ketika menang dalam lelang tersebut.

"Lelangnya sendiri dilakukan KPKNL Yogyakarta secara tertutup. Mulai 3 Agustus nanti dibuka dan bisa diketahui siapa saja yang sudah mengajukan penawaran lelang. Pengumuman lelang sendiri muncul pada 8 Juli lalu," terang dia.

Hingga kini Wasesa menjelaskan bahwa radio Swara Adhiloka masih memutar siaran. Namun, siaran yang dilakukan hanya sebatas promosi untuk Taman Pintar. Cakupan gelombangnya cukup jauh dan mencapai wilayah Magelang.

Lelang saham radio PT Swara Adhiloka sendiri dibuka dengan nilai Rp690 juta.

Dari situs web pelelangan, dijelaskan bahwa penerimaan uang jaminan dibatasi hingga Minggu (2/8/2020). Sedangkan, batas akhir penawaran sendiri maksimal Senin (3/8/2020) pukul 15.30 WIB.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS