alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ditetapkan Bupati Bantul, Begini Langkah Awal Halim Nahkodai Pemerintahan

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana | Muhammad Ilham Baktora Jum'at, 22 Januari 2021 | 18:28 WIB

Ditetapkan Bupati Bantul, Begini Langkah Awal Halim Nahkodai Pemerintahan
Pasangan Bupati-Wakil Bupati terpilih Bantul Abdul Halim Muslih-Joko Purnomo ditemui wartawan di Ros In Hotel Bantul, Jumat (22/1/2021). - (SuaraJogja.id/Muhammad Ilham Baktora)

Paslon nomor urut 2 Suharsono-Totok Sudarto, yang sebelumnya diundang, tidak datang dalam rapat pleno terbuka itu.

SuaraJogja.id - Paslon nomor urut 1 pada Pilkada Bantul 2020 Abdul Halim Muslih-Joko Purnomo telah ditetapkan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Bantul yang baru pada Rapat Pleno Terbuka yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bantul.

Sebagai langkah pertama, Bupati Terpilih Abdul Halim Muslih akan menyusun rancangan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Seusai pelantikan, program-program tersebut bisa segera dikerjakan.

"Langkah pertama ini kami akan mematangkan konsep visi misi menjadi bagian Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), sehingga nanti setelah dilantik, semua program unggulan yang disampaikan ke masyarakat itu bisa segera kita luncurkan," kata Halim usai penetapan Bupati-Wakil Bupati Terpilih di Ros In Hotel, Bantul, Jumat (22/1/2021).

Baca Juga: Dua Srikandi Pimpin Mura, Berjanji Menginap di Desa Serap Keluhan Warga

Ia membeberkan, beberapa program yang menjadi visi misinya antara lain bantuan untuk dusun dan juga pengentasan terhadap stunting.

"Banyak di antaranya yang Kami persiapkan, seperti bantuan untuk dusun masing-masing Rp50 juta untuk 933 dusun, nanti itu ditata. Apakah dengan Bantuan Keuangan Khusus (BKK) atau anggaran lain, jadi ada pilihan-pilihannya," ujar dia.

Program yang berkaitan dengan pemberantasan stunting, kata Halim, tentunya akan mendayagunakan peran posyandu.

"Apa nanti dilakukan diklat kader-kader posyandunya, atau nanti perlu mendapatkan insentif. Jika perlu berapa, bagaimana caranya, nah hal itu yang sangat teknis dan siap ditata," jelas Halim.

Rapat pleno terbuka penetapan Bupati - Wakil Bupati Terpilih dihadiri juga oleh sejumlah perwakilan partai pengusung Halim-Joko. Perwakilan partai oposisi juga turut hadir dalam rapat pleno.

Baca Juga: Tumbang di Pilkada Bantul, Suharsono Bakal Maju Pileg 2024

Hadir juga Kapolres Bantul AKBP Wachyu Tri Budi Sulistyono dan Dandim 0729/Bantul Letkol Inf Agus Indra Gunawan, termasuk Ketua Bawaslu Bantul, Marlina.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait