alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Hujan dan Angin Kencang di Gunungkidul, Tower 48 Meter Patah Timpa Sekolah

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana Rabu, 17 Februari 2021 | 19:05 WIB

Hujan dan Angin Kencang di Gunungkidul, Tower 48 Meter Patah Timpa Sekolah
Hujan deras dan angin kencang sejak Rabu (17/2/2021) di Kabupaten Gunungkidul mengakibatkan sejumlah pohon dan fasilitas lain tumbang. - (Kontributor SuaraJogja.id/Julianto)

Di Kapanewon Saptosari, tower internet sebuah provider milik SMPN 3 Saptosari roboh.

SuaraJogja.id - Hujan deras dan angin kencang yang melanda kawasan Kabupaten Gunungkidul sejak Rabu (17/2/2021) mengakibatkan sejumlah pohon dan fasilitas lain tumbang. Pohon tumbang tersebut sebagian menimpa rumah warga dan juga bangunan sekolah.

Dalam catatan yang dikumpulkan sementara oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), pohon tumbang terjadi di wilayah Kalurahan Sodo, Kapanewonan Paliyan. Akibat hujan deras dan angin, setidaknya dua pohon tumbang menimpa dua rumah warga dan mengkibatkan saluran listrik terputus.

Dua rumah, masing-masing milik Sukidi di RT 02 RW 04 dan Kasmo Suwito di RT 05 RW 04 Pedukuhan Jamburejo, rusak. Rumah limasan bagian belakang milik Sukidi rusak, demikian juga rumah belakang milik Kasmo Suwito.

Pohon tumbang juga terjadi di jalan dan mengenai rumah warga Pedukuhan Sidomulyo, rumah Tugirah di RT 02 RW 06 Kalurahan Sampang, Kapanewon Gedangsari mengakibatkan atap rumah rusak. Di Kapanewonan Nglipar, pohon tumbang menimpa rumah Samino di Pedukuhan Sriten RT 01/07 Kalurahan Pilangrejo.

Baca Juga: Viral Penjual Perabot Plastik Berjibaku Kejar Dagangan yang Terseret Banjir

Di Kapanewon Saptosari, tower internet sebuah provider milik SMPN 3 Saptosari roboh. Hujan deras dan angin kencang mengakibatkan tower internet setinggi 48 meter milik SMPN 3 Kanigoro di Pedukuhan Gedang Klutuk, Kalurahan Kanigoro, Kapanewon Saptosari patah dan roboh menimpa gedung lama sekolah SMPN 3 Saptosari.

Kondisi tower sebenarnya masih aktif digunakan, tetapi sebagian besar kawat yang mengikat tower telah lama putus, sehingga tower tidak kuat ditiup angin dan patah menimpa bangunan di bawahnya ketika hujan deras dan angin kencang melanda kawasan tersebut.

"Peristiwa ini mengakibatkan sebagian gedung rusak SMP N 3 Saptosari yang diperkirakan kerugian mencapai sekitar Rp20 juta," tutur Kepala Pelaksana BPBD Gunungkidul Eddy Basuki.

Hingga saat ini pihaknya masih terus melakukan pendataan terkait dengan kerusakan yang ditimbulkan akibat bencana hujan deras disertai dengan angin kencang yang berlangsung sepanjang hari Rabu ini.

Kontributor : Julianto

Baca Juga: Hujan Angin Guyur Bantul, Pohon Tumbang Timpa Rumah dan Tutup Akses Jalan

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait