alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Jadi Saksi Nikah Atta dan Aurel, Jokowi Ngakak Dengar Nasihat Gus Miftah

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana Sabtu, 03 April 2021 | 15:18 WIB

Jadi Saksi Nikah Atta dan Aurel, Jokowi Ngakak Dengar Nasihat Gus Miftah
Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah [Instagram]

Ketika Gus Miftah memberi nasihat soal meminta maaf dan memaafkan, Jokowi kembali terlihat tertawa di balik masker.

SuaraJogja.id - Sebagai penceramah, Gus Miftah datang ke pernikahan Aurel Hermansyah dengan Atta Halilintar pada Sabtu (3/4/2021). Setelah pelaksanaan akad nikah, Gus Miftah pun memberi nasihat untuk sepasang pengantin baru itu.

Di depan Atta dan Aurel, keluarga besar, dan para tamu, termasuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menhan Prabowo Subianto sebagai saksi nikah, Gus Miftah menyampaikan pesan-pesan pernikahan untuk Atta-Aurel.

Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Ora Aji Sleman ini menjelaskan, Adam, manusia pertama yang diciptakan di dunia, berasal dari tanah supaya manusia meneladani sifat tanah -- selalu mengalah dan rendah hati.

Sementara itu, terciptanya Hawa dari tulang rusuk kiri Adam bermakna bahwa perempuan perlu disayang dan dicintai.

Baca Juga: Istri Terduga Teroris Ucapkan Terima Kasih pada Presiden Joko Wododo

Dalam nasihatnya, Gus Miftah juga sesekali menyelipkan humor khas darinya, seperti ketika mendeskripsikan malaikat.

"Sebelum menciptakan manusia, Allah sudah menciptakan malaikat. Apa sifat malaikat? Benar terus, enggak pernah salah. Makanya, kalau Aurel menuntut suaminya bener terus, menikahlah sama malaikat," kata dia, membuat Atta, yang duduk sambil memegangi tangan Aurel, tertawa.

Tak hanya Atta, dari mata dan gesturnya, Jokowi juga tampak terhibur mendengar lelucon Gus Miftah.

Bukan itu saja, ketika Gus Miftah memberi nasihat soal meminta maaf dan memaafkan, Jokowi kembali terlihat tertawa di balik masker.

"Memaafkan memang tidak menghapus masa lalu, tapi pasti memperindah masa depan. Kalau ada orang mengatakan, "Gus Miftah, kalau orang memang seperti tanah, kenapa banyak orang suka marah-marah, enggak bisa menerima kesalahan kita?" Orang yang suka marah-marah, tetap saja dia terbuat dari tanah, namun barangkali tanah sengketa," ucap lulusan UIN Sunan Kalijaga ini, kembali membuat Jokowi tertawa sambil menaik-turunkan bahunya.

Baca Juga: Didampingi Iriana, Jokowi Hadiri Pernikahan Selebritas Atta-Aurel

Belum selesai sampai di situ, lagi-lagi Gus Miftah membuat semua yang hadir dalam acara resepsi tertawa saat menjelaskan soal sikap saling menghargai antara suami dan istri.

"Suami yang baik akan mendengar pendapat istrinya, dan istri yang baik mendapatkan banyak pendapatan dari suaminya," tutur Gus Miftah.

Atta sampai geleng-gelang mendengar nasihat itu sambil tertawa di samping sang istri. Sama seperti Atta dan Aurel, Anang dan Jokowi juga menyipitkan mata, tertawa terbahak-bahak.

Menjelang akhir nasihatnya, Gus Miftah mengingatkan Atta dan Aurel untuk tak mencari-cari kesempurnaan dari pasangannya, tetapi mencintainya secara sempurna.

Ia kemudian menutup dengan harapan supaya rumah tangga Atta dan Aurel sakinah, mawadah, wa rahmah.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait