alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Materi Soal ASPD Matematika Bocor, Disdikpora DIY Turunkan Tim Investigasi

Galih Priatmojo Kamis, 08 April 2021 | 17:33 WIB

Materi Soal ASPD Matematika Bocor, Disdikpora DIY Turunkan Tim Investigasi
Ilustrasi soal Matematika. [Shutterstock]

Disdikpora DIY segeran menurunkan tim investigasi terkait soal matematika yang diduga bocor

SuaraJogja.id - Materi soal Matematika untuk Asesment Standar Pendidikan Daerah (ASPD) jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) diduga bocor, di sebuah sekolah wilayah Kapanewon Depok. 

Kasi Perencanaan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakata (Disdikpora DIY) Suci Rahmadi mengatakan, pihaknya membentuk tim investigasi untuk mencari tahu fakta yang terjadi terkait dugaan bocornya soal itu.

Tim investigasi terdiri dari orang-orang yang berasal dari Disdikpora DIY, dan dari tiap-tiap kabupaten/kota serta Dewan Pendidikan. Hasil investigasi akan ditindaklanjuti pula. 

"Kalau sudah ada kepastian [benar terjadi kebocoran] saya kira secara keadilan harus ada ujian ulang dengan soal berbeda," ujarnya, kala dihubungi wartawan, Kamis (8/4/2021). 

Baca Juga: Jadwal Perempat Final Piala Menpora 2021: Persib Jumpa Persebaya di Sleman

Tim investigasi akan menyusun fakta-fakta dari lapangan. Dan mulai besok (Jumat (9/4/2021), Disdikpora DIY akan memanggil pihak-pihak yang terkait dengan dugaan kebocoran soal itu. 

ASPD, lanjut Suci, merupakan penyeimbang rapor untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. 

"Pasti akan kami tangani. Demi asas keadilan. Yang [terbukti] membocorkan akan kena sanksi," tegasnya. 

Kepala Dinas Pendidikan Sleman Ery Widaryana menyebutkan, pihaknya telah mengajukan usulan dilakukannya ujian ASPD ulang. Sehingga ujian ulang itu nantinya bisa dilakukan bagi seluruh siswa peserta ujian ASPD, di sekolah yang gurunya terbukti membocorkan soal. 

"Bila terbukti soal ASPD Matematika itu bocor dan ada keterlibatan oknum di Kabupaten Sleman, maka kami akan memberikan sanksi," ujarnya. 

Baca Juga: Link Live Streaming PSS Sleman Vs Persebaya Surabaya

Saat ditanya perihal sanksi apa yang akan diterima oleh oknum tersebut, pihaknya tetap akan berkoordinasi dengan Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Sleman, selaku lembaga yang berwenang memberikan sanksi.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait