alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Jarang Diketahui, dr Tirta Bongkar Peran Penting Kentut Bagi Kesehatan

Galih Priatmojo | Mutiara Rizka Maulina Selasa, 13 April 2021 | 12:25 WIB

Jarang Diketahui, dr Tirta Bongkar Peran Penting Kentut Bagi Kesehatan
dr Tirta menjelaskan mengenai pentingnya kentut. - (Instagram/@dr.tirta)

Orang yang tidak bisa kentut berarti tidak normal pergerakan ususnya. Sehingga yang terjadi adalah udara terperangkap di dalam perut

SuaraJogja.id - Kentut identik dengan mengganggu dan menjijikkan. Namun, di balik reputasinya yang kadung buruk, ternyata kentut memiliki peran penting untuk kesehatan tubuh lho. dr Tirta menyebut bahwa kentut bisa jadi paramater bahwa usus besar di dalam perut bekerja dengan baik. 

Relawan kesehatan, Tirta Mandira Hudhi menjelaskan pentingnya kentut sebagai salah satu tanda tubuh yang sehat. Pria yang akrab disapa dr Tirta tersebut menjelaskan bahwa kentut merupakan penanda dari adanya aktivitas usus besar, yakni salah satu organ yang ada di dalam tubuh. 

Pria kelahiran Surakarta itu menyebutkan jika di dalam tubuhnya atau ususnya terdapat gerakan-gerakan yang dilakukan untuk mengolah makanan. Menjadikan makanan yang dikonsumsi melalui mulut dan masuk lewat tenggorokan agar bisa diserap sari-sarinya oleh tubuh. 

Di dalam usus tersebut juga terdapat banyak bakteri. Jika seseorang melakukan kentut atau buang angin, itu berarti aktivitas organ ususnya normal. Sebaliknya, jika seseorang tidak kentut atau mengeluarkan angin dari tubuh justru berarti aktivitas ususnya tidak berjalan normal. 

Baca Juga: Wisata Aman Tapi Mudik Dilarang, dr Tirta Minta Aturan yang Singkron

"Tahu gak orang kalau gak bisa kentut itu justru bahaya karena berarti aktivitas perutnya gak normal," ujar dr Tirta. 

Orang yang tidak bisa buang angin berarti tidak normal pergerakan ususnya. Sehingga yang terjadi adalah udara terperangkap di dalam perut dan bisa menyebabkan perut nampak lebih buncit. dr Tirta menegaskan bahwa kentut adalah hal yang normal selama sadar tempat dimana untuk mengeluarkannya. 

Meskipun menjadi hal yang normal sebagai bagian dari aktivitas pergerakan usus, namun kentut juga kerap menganggu karena suaranya yang kencang atau baunya yang tidak karuan. Sehingga dalam mengeluarkan angin dari tubuh itu harus memperhatikan tempat dan suasana juga. 

Sejak diunggah Senin (12/4/2021), video dr Tirta yang menjelaskan mengenai pentingnya kentut sebagai bagian dari pergerakan usus besar tersebut sudah disaksikan lebih dari 188 ribu kali. Ada ratusan komentar yang ditinggalkan warganet ikut mempertanyakan mengenai kesehatan. 

"@dr.tirta Kentut adalah Tuntutan nafsu alamiah yang mengguncang hasrat di jiwa dan berbuntut perdebatan antara penerima dan pemberinya," tulis akun @drmuslimk****.

Baca Juga: Kasihan ke Atta, dr Tirta Kecewa Kemensetneg Unggah Foto Nikah Atta-Aurel

"Coba praktekin kentut dulu di awal pembukaan video dok," komentar akun @guitar_for****.

"Biasa aja kali dok ngomong mak preetnya," tanggapan akun @herynha****.

Sementara akun @zk**** mengatakan, "Kenapa kentut ada yang bau sama ada yang engga bau sama sekali dok."

Tonton video lengkapnya DI SINI

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait