alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Mandiri Boyong Lansia untuk Vaksinasi, Warga Jabung Diapresiasi RSUD Sleman

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana Kamis, 15 April 2021 | 13:52 WIB

Mandiri Boyong Lansia untuk Vaksinasi, Warga Jabung Diapresiasi RSUD Sleman
Warga Jabung secara mandiri memboyong para lansia untuk mengikuti vaksinasi Covid-19 di RSUD Sleman - (SuaraJogja.id/HO-RSUD Sleman)

Melalui edukasi, banyak lansia Jabung jadi lebih tahu soal vaksin Covid-19 dan bersemangat mendapatkannya demi membantu pemerintah memutus matai rantai penyebaran Covid-19.

SuaraJogja.id - Warga Pedukuhan Jabung, Kalurahan Pandowoharjo, Kapanewon Sleman, Kabupaten Sleman mendapat apresiasi dari RSUD Sleman berkat inisiatif mereka melakukan koordinasi vaksinasi lansia secara mandiri.

Direktur RSUD Sleman dr Cahya Purnama pun mengungkapkan bahwa Pedukuhan Jabung patut dijadikan contoh bagi masyarakat di tengah perjuangan menghadapi pandemi Covid-19.

"Dusun Jabung layak menjadi contoh bagaimana masyarakat suatu dusun sederhana bergotong royong melawan wabah Covid-19. Selain melaksanakan berbagai program protokol kesehatan berbasis masyarakat secara disiplin di tingkat dusun, warga Jabung membuat kejutan dengan memboyong para lansia di dusun mereka ke RSUD Sleman untuk menjalani vaksinasi Covid-19 bersama," kata dr Cahya melalui keterangan tertulis yang diterima SuaraJogja.id, Rabu (14/4/2021).

Ia menerangkan, langkah kreatif warga Jabung ini diawali dengan edukasi soal vaksinasi, yang kemudian dianjutkan dengan pendataan, pendaftaran, persiapan transportasi, hingga pendampingan terhadap lansia untuk menjalani vaksinasi. Semua dilakukan secara kolektif dan mandiri oleh warga Jabung.

Baca Juga: Dapat Tambahan 10 Ribu Dosis, Bantul Lanjut Vaksinasi Lansia di Bulan Puasa

Pihaknya lantas menyiapkan penjadwalan khusus vaksinasi lansia yang dikoordinasikan oleh warga Jabung untuk menghormati inisiatif mereka dalam melestarikan budaya gotong royong dan membantu para lansia.

"Dengan penjadwalan vaksinasi khusus tersebut diharapkan seluruh lansia dapat turut serta dalam vaksinasi dan lebih nyaman menjalani vaksinasi bersama sesama warga. Hubungi PKRS RSUD Sleman untuk penjadwalan vaksinasi khusus tersebut," terang dr Cahya.

"Prosedur vaksinasi lebih lancar berkat tim pendamping dari warga Jabung yang membantu para lansia. Lansia juga lebih nyaman menjalani vaksinasi karena ditemani orang-orang yang akrab dalam keseharian mereka," imbuhnya.

Warga Jabung secara mandiri memboyong para lansia untuk mengikuti vaksinasi Covid-19 di RSUD Sleman - (SuaraJogja.id/HO-RSUD Sleman)
Warga Jabung secara mandiri memboyong para lansia untuk mengikuti vaksinasi Covid-19 di RSUD Sleman - (SuaraJogja.id/HO-RSUD Sleman)

Kepala Pedukuhan Jabung Anjar Wahyu Santoso sendiri membenarkan bahwa pihaknya telah menggerakkan jajaran dan warga setempat untuk secara mandiri melakukan koordinasi vaksinasi lansia.

Kegiatan itu bermula dari munculnya pertanyaan-pertanyaan warga setempat terkait vaksinasi Covid-19, sehingga secara mandiri Anjar dan sejumlah warga yang lain memberi edukasi soal vaksinasi pada mereka.

Baca Juga: Vaksinasi Lansia di Sumbar Sangat Rendah, Baru 6.400 Jiwa

Melalui edukasi tersebut, banyak lansia Jabung jadi lebih mengerti soal vaksin Covid-19 dan bersemangat untuk mendapatkannya demi membantu pemerintah memutus matai rantai penyebaran wabah Covid-19. Anjar mengatakan, hanya sedikit yang tidak bersedia divaksin, dengan alasan trauma pada jarum suntik.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait