alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Antisipasi Penularan Kasus Covid-19 pada Anak, Pemkot Yogyakarta Mulai Vaksinasi Anak-anak

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana | Hiskia Andika Weadcaksana Selasa, 13 Juli 2021 | 14:05 WIB

Antisipasi Penularan Kasus Covid-19 pada Anak, Pemkot Yogyakarta Mulai Vaksinasi Anak-anak
Vaksinasi pada anak-anak di halaman Gembira Loka Zoo Yogyakarta, Selasa (13/7/2021) - (SuaraJogja.id/Hiskia Andika)

Vaksinasi Covid-19 bagi anak-anak di Kota Yogyakarta ini menggunakan sistem aplikasi baru bernama Jogja Smart Service (JJS)

SuaraJogja.id - Pemkot Yogyakarta memulai vaksinasi Covid-19 yang menyasar anak-anak usia 12-18 tahun. Berdasarkan data yang ada saat ini, tercatat sebanyak 44.999 orang anak di rentang usia 12-18 tahun.

Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi menuturkan bahwa vaksinasi Covid-19 bagi anak-anak di Kota Yogyakarta ini menggunakan sistem aplikasi baru bernama Jogja Smart Service (JJS). Khusus hari ini saja setidaknya sebanyak 250 anak mengikuti program vaksinasi tersebut.

"Hari ini kita memulai vaksinasi untuk anak-anak dengan sistem aplikasi yang baru Jogja Smart Service (JJS). Banyak ikut serta anak-anak pelajar. Dari SD karena kelas 6 karena ada yang sudah 12 tahun. SMP baru masuk juga 12 tahun sampai yang 18 tahun. Hari ini ada 250an anak," kata Heroe seusai meninjau vaksinasi di halaman Gembira Loka Zoo, Selasa (13/7/2021).

Heroe menjelaskan terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan anak-anak untuk mendapat vaksin. Salah satunya harus dengan seizin orang tua yang bersangkutan.

Baca Juga: Vaksinasi Anak Usia 12 ke Atas Sudah Dimulai di Riau, Ini Syaratnya

Kemudian jika memang telah diperbolehkan atau mendapat izin orang tua. Anak yang bersangkutan bisa mendaftarkan diri melalui aplikasi Jogja Smart Service (JSS).

"Syaratnya yang satu harus izin orang tua. Artinya orang tua mengizinkan anaknya ikut program vaksinasi. Kedua kalau melalui Jogja Smart Service harus warga Jogja dan atau domisili Kota Jogja atau pelajar di Kota Jogja kan ada yang dari luar kota juga," terangnya.

Terkait jenis vaksin yang digunakan untuk anak-anak di Kota Yogyakarta tersebut masih menggunakan Sinovac.

Disebutkan Heroe, dengan tetap memanfaatkan sistem aplikasi JJS bukan tidak mungkin pihaknya akan memperbanyak tempat vaksinasi anak. Termasuk kemungkinan dengan mengarahkan vaksinasi anak-anak ini ke sekolah masing-masing.

Dalam artian suntikan vaksin bagi anak-anak di Kota Yogyakarta yang telah mendaftar melalui JJS bisa dipusatkan di sekolah-sekolah. Guna semakin mempercepat pelaksanaan dan dapat mencakup semua anak-anak yang ada.

Baca Juga: Sejumlah Anak 12 Tahun ke Atas di Pekanbaru Ikuti Vaksinasi Massal

"Yang penting kalau melalui Jogja Smart Service itu didownload dulu. Nanti pada minggu selanjutnya alokasi dan diarahkan di sekolah," ujarnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait