alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

6 Pedagang Positif Covid-19, Vaksinasi Pedagang di Pasar Niten Ditunda

Galih Priatmojo | Rahmat jiwandono Selasa, 13 Juli 2021 | 17:40 WIB

6 Pedagang Positif Covid-19, Vaksinasi Pedagang di Pasar Niten Ditunda
Bupati Bantul Abdul Halim Muslih (kiri) meninjau vaksinasi untuk pedagang pasar di Kantor Kapanewon Pleret, Selasa (13/7/2021). (SuaraJogja.id/Rahmat Jiwandono)

Vaksinasi di Pasar Niten untuk sementara ditunda

SuaraJogja.id - Pelaksanaan vaksinasi kepada pedagang di Pasar Niten terpaksa ditunda. Penundaan vaksinasi dilakukan menyusul ditemukannya enam pedagang pasar Niten positif Covid-19

"Ada enam pedagang di Pasar Niten yang positif Covid-19 tapi pasarnya belum kami tutup. Pasar tidak kami tutup tapi saya minta jangan berdagang dulu," terang Kepala Dinas Perdagangan Bantul, Sukrisna Dwi Susanto di sela-sela vaksinasi pedagang pasar Pleret di Kantor Kapanewon Pleret, Selasa (13/7/2021). 

Enam orang yang positif Covid-19 saat ini sedang menjalani isolasi mandiri. Namun ada juga pedagang lain yang menjalani isolasi mandiri sembari menunggu untuk dites swab.

"Mereka ini belum diswab karena petugas puskesmas juga sedang sibuk," katanya. 

Baca Juga: Kebut Capaian Vaksinasi, Pemkab Bantul Targetkan 700 Ribu Orang Tervaksin Tahun Ini

Krisna menambahkan, pelaksanaan vaksinasi di Pasar Imogiri yang sejatinya ditargetkan selesai dalam waktu dua hari, namun molor. Sehingga vaksinasi akan dilakukan dalam waktu tiga hari. 

"Kenapa jadi tiga hari pelaksanaan vaksinasinya karena jumlah pedagangnya sangat banyak. Ada sekitar 1.500 pedagang di Pasar Imogiri," katanya. 

Lebih jauh, ia mengatakan, hingga kini sudah ada 1.500 pedagang yang divaksin. Jumlah itu masih jauh dari yang ditargetkan. 

"Targetnya ada 7.000 pedagang yang akan divaksin," katanya. 

Adapun pasar-pasar yang jadi sasaran vaksinasi seperti Pasar Bantul, Pasar Jejeran Pleret, Pasar Sorobayan, Pasar Pijenan, dan Pasar Hewan di Pandak. Vaksinasi ini merupakan tahap pertama yang terakhir. 

Baca Juga: Mengulik Asal-usul Tolpit Kue khas Bantul, Namanya Jorok tapi Rasanya Enak

"Untuk vaksinasi hari ini ada 500 pedagang. Di sini (pedagang pasar pleret) 250 orang dan 250 orang di Pasar Sorobayan," paparnya. 

Sementara Bupati Bantul Abdul Halim Muslih menyampaikan, kegiatan vaksinasi pedagang pasar hari ini adalah salah satu upaya akselerasi capaian vaksinasi. Tujuannya agar pandemi di Bantul segera berakhir. 

"Kami kebut capaian vaksinasi, termasuk untuk pedagang pasar," ujarnya. 

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait