facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Dua Minggu Terakhir, 1.480 Penumpang KA Jogja dan Solo Divaksin Gratis

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana Minggu, 18 Juli 2021 | 13:46 WIB

Dua Minggu Terakhir, 1.480 Penumpang KA Jogja dan Solo Divaksin Gratis
Seorang penumpang KA jarak jauh divaksin di Stasiun Tugu. - (Kontributor SuaraJogja.id/Putu)

Sejak diberlakukan mulai 5 Juli 2021 lalu sebagai salah satu syarat perjalanan KA jarak jauh, sebanyak 733 penumpang dari Stasiun Yogyakarta ikut divaksinasi.

SuaraJogja.id - Program vaksinasi gratis terus digenjot untuk mencapai herd immunity. Salah satunya melalui program layanan vaksinasi gratis bagi para penumpang Kereta Api (KA) jarak jauh dari DIY dan Solo Balapan.

Sejak diberlakukan mulai 5 Juli 2021 lalu sebagai salah satu syarat perjalanan KA jarak jauh, sebanyak 733 penumpang dari Stasiun Yogyakarta ikut divaksinasi. Sedangkan dari Stasiun Solo Balapan, vaksinasi penumpang hingga Sabtu (17/07/2021) kemarin mencapai 747 penumpang.

"Masyarakat sangat antusias akan hadirnya layanan ini di berbagai daerah, 1.480 penumpang dari stasiun jogja dan solo balapan sudah ikut divaksin," ujar Manager Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Supriyanto saat dikonfirmasi, Minggu (18/07/2021).

Menurut Supriyanto, layanan ini mendukung program percepatan vaksinasi Covid-19 yang sedang digalakkan pemerintah. Selain itu membantu masyarakat dalam memenuhi persyaratan bepergian menggunakan Kereta Api Jarak Jauh di masa PPKM Darurat sesuai SE Kemenhub No 42 Tahun 2021.

Baca Juga: Atasi Pandemi, Taspen Bantu Hadirkan Vaksinasi Gratis

Selain Stasiun Yogyakarta dan Solo Balapan, 11 stasiun lain juga memberlakukan aturan serupa.Yakni di Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, Purwokerto, Madiun, Malang, Surabaya Gubeng, Surabaya Pasar Turi dan Jember.

"Masyarakat yang memang harus tetap bepergian pada masa ppkm darurat ini merasa sangat terbantu karena dapat melengkapi persyaratan bepergian yang telah ditetapkan pemerintah," jelasnya.

Supriyanto menjelaskan, terdapat sejumlah syarat bagio calon penumpang untuk mengikuti vaksinasi Covid-19 ini. Selain berusia 18 tahun ke atas, calon penumpang juga harus menunjukkan kode booking tiket yang sudah dibayar atau tiket KA Jarak Jauh yang berlaku, memiliki KTP, dan datang paling lambat H-1 sebelum jadwal keberangkatan Kereta Api.

Khusus bagi ibu hamil bisa mendapatkan vaksin di stasiun setelah mendapat penjelasan dari petugas kesehatan dan bersedia atas pilihannya untuk divaksin Covid-19. Karenanya calon pelanggan KA yang akan melakukan vaksinasi di stasiun diminta merencanakan dengan baik waktu antara vaksinasi, rapid test antigen, dan jadwal keberangkatan KA-nya untuk menghindari keterlambatan naik KA.

Sebab kuota yang disediakan di masing-masing stasiun pun terbatas setiap harinya. Untuk stasiun Yogyakarta dan Solo Balapan masing-masing sebanyak 50 orang per hari.

Baca Juga: PPKM Darurat Hari Keempat, KA Binjai-Medan Sepi

"Kami dibantu banyak pihak dalam layanan vaksinasi Covid-19 gratis di stasiun,” ujarnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait