alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Muhammadiyah Ajak Masyarakat Rayakan Iduladha di Rumah

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana Senin, 19 Juli 2021 | 21:00 WIB

Muhammadiyah Ajak Masyarakat Rayakan Iduladha di Rumah
Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir. (Suara.com/Putu).

"Muhamamdiyah mengajak umat muslimin untuk berIduladha di rumah saja," ujar Haedar.

SuaraJogja.id - Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Haedar Nashir menyampaikan maklumatnya terkait perayaan Iduladha 1442 H yang dilaksanakan Selasa (20/07/2021) besok. Berbeda dari tahun lalu saat masyarakat diperbolehkan salat id berjemaah secara terbatas, maka tahun ini warga dihimbau untuk merayakannya di rumah saja.

"Muhamamdiyah mengajak umat muslimin untuk berIduladha di rumah saja," ujar Haedar, Senin (19/02/2021).

Menurut Haedar, kasus Covid-19 masih tinggi pada saat ini. Karena organisasi Islam di indonesia maupun di tingkat dunia menyampaikan fatwanya tentang beribadah di rumah karena kondisi pandemi yang gawat darurat.

Beribadah di rumah sekaligus menjadi upaya pencegahan penularan Covid-19. Apalagi rumah juga dapat berfungsi sebaga mushola laiknya masjid untuk salat.

Baca Juga: JK: Salat Idul Adha di Rumah Saja karena Darurat, Insya Allah Ibadahnya Diterima

"Kita bisa beribadah bersama anggota keluarga di rumah dengan khusyuk, tak kurang suatu apapun," ujarnya.

Sebab pada hakikatnya salat di rumah sebagai cara untuk mendekatkan diri pada Allah SWT. Sekaligus kebersamaan tersebut dapat menjadi upaya dalam membina keluarga yang sakinah dan mendidik generasi bangsa.

Sementara bagi umat muslim yang mampu secara ekonomi, Iduladha saat ini dapat ikut menyembelih hewan kurban sebagai bagian ibadahnya. Namun saat pandemi ini, seyogyanya hewan kurban dapat disalurkan untuk membantu sesama.

Beribadah di rumah, berIduladha di rumah, dan berkurban dengan cara membantu sesama maka akan membuat perayaan kali ini mempunyai nilai yang bermakna. Yakni ibadah sekaligus berbuat kebaikan yang melintasi kemanusiaan

"Dananya digunakan bagi mereka yang terdampak oleh pandemi dan memerlukan uluran tangan. Tapi bagi yang mampu untuk berkurban dan berinfaq sodaqoh dapat dilakukan kedua-duanya," imbuhnya.

Baca Juga: Selamat Idul Adha 2021, Ini 35 Ucapan dan Pantun Hari Raya Idul Qurban

Kontributor : Putu Ayu Palupi

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait