alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Progres Capai 98 Persen, Kemenhub Optimis Jalur KA Bandara YIA Siap Beroperasi 17 Agustus

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana | Hiskia Andika Weadcaksana Kamis, 12 Agustus 2021 | 12:53 WIB

Progres Capai 98 Persen, Kemenhub Optimis Jalur KA Bandara YIA Siap Beroperasi 17 Agustus
Lintasan kereta api Stasiun Yogyakarta atau Stasiun Tugu - (SUARA/Eleonora PEW)

Uji coba kelaikan rel telah dilakukan dua kali dengan menggunakan lokomotif dan Kereta Rel Diesel (KRD).

SuaraJogja.id - PPK Kegiatan Pengembangan Perkeretaapian Area 1 Balai Teknik Perkeretaapian Kelas 1 Wilayah Jawa Bagian Tengah Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub, Dheky Martin, menuturkan hingga kini total progres pembangunan jalur kereta api (KA) Yogyakarta International Airport atau Bandara YIA telah mencapai 98 persen. Rencananya operasional perdana akan dilakukan pada 17 Agustus 2021 mendatang.

"Sekarang sudah hampir selesai, progres fisik 98 persen dan untuk sarpras penunjang sudah menyentuh 100 persen," kata Dheky kepada awak media, Kamis (12/8/2021).

Dheky menjelaskan, saat ini untuk rangkaian rel, baik yang berada di sisi hulu maupun hilir jalur sepanjang 5 km, telah seluruhnya terpasang. Bahkan uji coba kelaikan rel telah dilakukan dua kali dengan menggunakan lokomotif dan Kereta Rel Diesel (KRD).

Pihaknya optimis pembangunan jalur KA bandara YIA ini dapat segera diselesaikan. Sehingga rencana pengoperasian pada 17 Agustus 2021 mendatang dapat berjalan sesuai harapan.

Baca Juga: Jalur KA Bandara YIA Kembali Diuji Coba, Progres Capai 96 Persen

"Kita optimis 14 Agustus seluruh pembangunan telah selesai, sehingga nanti target 17 Agustus kita bisa operasikan," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Balai Pengujian Perkeretaapian Yuwono Wiarco mengatakan, uji coba kelaikan jalur masih akan dilakukan hingga beberapa hari ke depan. Sejumlah tim akan disebar pada jalur yang telah tersedia.

"Kami membagi beberapa tim yang disebar di Stasiun Kedundang, Stasiun Bandara dan sepanjang trek. Dalam kesempatan ini kami juga memantau sejumlah pekerjaan yang masih berjalan termasuk soal kelistrikan dan persinyalan," ujar Yuwono.

Disampaikan Yuwono, hasil pengujian jalur tersebut nantinya akan dievaluasi bersama dengan kontraktor dan pihak dari Kemenhub. Jika memang pada saat pengujian ditemukan masalah, maka pihak pelaksana akan segera melakukan tindakan perbaikan.

Setelah dilakukan perbaikan pun uji coba akan kembali dijalankan. Sebelum akhirnya nanti akan disampaikan ke Direktorat Prasarana Perkeretaapian untuk dilakukan sertifikasi.

Baca Juga: Bikin Heboh Seekor Dinosaurus Muncul di Bandara YIA, Ternyata Ini Faktanya

"Endingnya nanti diharapkan sesuai jadwal yang ditetapkan bisa selesai tepat waktu dan dapat disertifikasi," tuturnya.

Perlu diketahui bahwa proyek pembangunan jalur KA Bandara YIA telah dimulai sejak Desember 2019 lalu. Proyek ini sendiri menelan anggaran hingga Rp. 1,1 Triliun.

Pembangun jalur KA bandara ini diklaim bisa lebih memudahkan aksesibilitas masyarakat pengguna jasa bandar udara untuk menuju ke Bandara YIA di Kulon Progo. Termasuk dengan terpangkasnya waktu tempuh perjalanan dari Bandara YIA menunju Kota Yogyakarta ataupun sebaliknya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait