facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

20 Anggota Paskibraka Gunungkidul Positif Covid-19, Disdikpora Diminta Tanggung Jawab

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana Kamis, 19 Agustus 2021 | 19:28 WIB

20 Anggota Paskibraka Gunungkidul Positif Covid-19, Disdikpora Diminta Tanggung Jawab
Para anggota Paskibraka Gunungkidul saat berfoto bersama Bupati dan jajaran. [Istimewa]

Mereka dinyatakan positif usai bertugas pada upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 RI di Alun-alun Wonosari.

SuaraJogja.id - Pemda DIY meminta Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (disdikpora) Gunung Kidul untuk bertanggungjawab pada 20 anggota paskibraka yang positif Covid-19. Sebab mereka dinyatakan positif usai bertugas pada upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 RI di Alun-alun Wonosari.

"Saya kira [kasus positif paskibraka] menjadi tanggungjawab disdikpora untuk bisa dijaga [kesembuhannya]," ujar Sekda DIY Baskara Aji di Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Kamis (19/08/2021) sore.

Menurut Aji, Disdikpora diminta mengawasi 20 anggota paskibraka dalam isolasi. Kalau mereka isolasi di rumah maka harus dicek kesehatannya setiap hari.

Namun bila memungkinkan mereka semua dibawa ke shelter atau isolasi terpusat (isoter). Dengan demikian pengawasan kesehatan anak-anak tersebut bisa dilakukan secara bersamaan.

Baca Juga: 20 Anggota Paskibraka Gunungkidul Terkonfirmasi Positif Covid-19, 4 Dirawat di RS

"Kalau tidak [isoman] ya dijadikan satu di isolasi terpusat di gunung kidul. Pak bupati [gunung kidul] menyampaikan masih ada tempat isolasi terpusat. Kalau misal [kapasitas isoter] penuh silahkan dibawa ke kita atau diajdikan satu di [isoter] BSSO atau UNY, silahkan saja," paparnya.

Aji mengungkapkan anak-anak yang mengikuti latihan paskibraka biasanya dikarantina di satu tempat. Karenanya rendah kemungkinan mereka menulari anggota keluarganya.

Namun Pemkab diminta tetap melakukan tracing pada kontak erat anggota paskibraka. Sehingga diketahui jumlah penularan yang terjadi di wilayah tersebut. Apalagi saat ini kasus Covid-19 di DIY masih fluktuatif.

"Untungnya yang kena [Covid-19] tidak bergejala berat, kalau kontak erat ya dilakukan tracing, kalau tidak ya tidak usah," ujarnya.

Sebelumnya Pada 17 Agustus 2021, 4 petugas paskibraka mengeluh sakit dan mengalami panas tinggi. Keempat orang tersebut lantas dibawa ke RS menggunakan ambulans dan akhirnya dinyatakan positif Covid-19.

Baca Juga: Satgas Penebalan Nakes Diterjunkan, 1.200 Warga Isoman DIY Dipindah ke Shelter

Swab antigen pun dilakukan pada anggota lainnya bersama pendamping dan pelatih. Dari tes rapid tersebut, sebanyak 16 anggota paskibraka lainnya yang juga terkonfirmasi positif Covid-19.

Kontributor : Putu Ayu Palupi

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait