alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Menengok Motor Listrik SMK KAP yang Viral Diborong dr Tirta, Taklukkan Tanjakan Cinomati

Galih Priatmojo | Rahmat jiwandono Jum'at, 27 Agustus 2021 | 15:11 WIB

Menengok Motor Listrik SMK KAP yang Viral Diborong dr Tirta, Taklukkan Tanjakan Cinomati
Kepala Bengkel SMK Ki Ageng Pemanahan, Wandee Purnomo menaiki sepeda motor listrik pada Kamis (26/8/2021). [Rahmat Jiwandono / SuaraJogja.id]

motor listrik buatan SMK Ki Ageng Pemanahan ini diborong dr Tirta hingga akhirnya viral

SuaraJogja.id - Nama SMK Ki Ageng Pemanahan yang terletak di Jalan Parangtritis, Garselo, Patalan, Jetis, Bantul beberapa waktu lalu viral. Hal tersebut tak lepas dari aksi dr Tirta yang baru saja memborong dua motor listrik buatan mereka. 

Lewat unggahan di akun Instagramnya pada 24 Agustus 2021 lalu, dr Tirta yang kondang sebagai relawan Covid-19 dan pemilik usaha Shoes and Care sempat memamerkan sebuah motor listrik unik. Ia menyebut bahwa motor tersebut merupakan buatan dan kreasi anak bangsa asal Yogyakarta.

"Hari ini dapat kabar, ada sebuah motor listrik kecil karya temen temen SMK KAP kerjasama dengan PT Chikal Bakal Mandiri di Yogyakarta. Saya tau dari mas piel. Hebatnya lagi ini prototype dibuat dari limbah! Serius! Motor listrik ini masih prototype, ya sebagai support #localpride saya memutuskan membeli 2 produk dari kawan kawan. Walau sistem pre order, ga masalah," tulisnya.

dr Tirta naik motor listrik karya SMK di Bantul. [dr Tirta / Instagram]
dr Tirta naik motor listrik karya SMK di Bantul. [dr Tirta / Instagram]

Seketika itu, SMK Ki Ageng Pemanahan jadi perhatian. Tak sedikit yang penasaran dengan karya motor listrik buatan para siswanya tersebut. 

Baca Juga: Viral Dokter Klaim Tak Ada Diagnosis Penyakit Covid-19, Hingga Bikin Surat Pernyataan!

Kepala Bengkel SMK Ki Ageng Pemanahan, Wandee Purnomo saat ditemui SuaraJogja.id, mengatakan, motor listrik itu tercetus karena adanya program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk setiap SMK dianjurkan membuat suatu produk. Lantas produk itu yang dijadikan ikon sekolah tersebut. 

"Jadi motor listrik itu produk unggulan SMK Ki Ageng Pemanahan Bantul," kata Wandee, Kamis (26/8/2021). 

Produk yang dibuat harus ada kaitannya dengan jurusan yang ada sekolah itu. Sementara di SMK Ki Ageng Pemanahan Bantul punya dua jurusan yaitu mekatronika dan teknik komputer jaringan (TKJ). 

"Karena ada aturan begitu jadi kami memikirkan produk apa yang sesuai dengan jurusan di sekolah ini," paparnya. 

Pada awalnya mereka ingin membuat video elektronik atau videotron. Namun, akibat keterbatasan sumber daya manusia (SDM) dan keuangan, akhirnya diputuskan untuk membuat motor listrik. 

Baca Juga: Viral Ahli Optik Panik Dapat Pesanan Lensa Kacamata -11, Ketebalan Bikin Syok

Motor listrik karya SMK Ki Ageng Pemanahan Bantul yang viral dibeli Dokter Tirta. [Rahmat Jiwandono / SuaraJogja.id]
Motor listrik karya SMK Ki Ageng Pemanahan Bantul yang viral dibeli Dokter Tirta. [Rahmat Jiwandono / SuaraJogja.id]

"Sebenarnya tidak langsung bikin listrik tapi videotron. Karena keterbatasan SDM dan keuangan, pada akhirnya bikin motor listrik. Untuk membuatnya kami bekerja sama dengan PT Chikal Bakal Mandiri," ujar dia. 

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait