alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

PPKM di Jogja Turun ke Level 3, Pemkot Simulasi PTM Pekan Depan

Eleonora PEW | Muhammad Ilham Baktora Kamis, 09 September 2021 | 11:34 WIB

PPKM di Jogja Turun ke Level 3, Pemkot Simulasi PTM Pekan Depan
Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi memberi keterangan pada awak media ditemui usai rapat paripurna pembahasan perubahan APBD 2021 di Kantor DPRD Kota Jogja, Senin (23/8/2021). - (SuaraJogja.id/Muhammad Ilham Baktora)

Heroe menerangkan bahwa sejak Juli 2021 lalu, Disdikpora telah melakukan survey kepada orang tua siswa.

SuaraJogja.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta memastikan untuk membuka simulasi Pembelajaran Tatap Muka (PTM) dengan turunnya PPKM Level 3 di DI Yogyakarta. Pihaknya membuka pembelajaran luring pada 13 September 2021 mendatang.

“Ini juga sedang kita siapkan, kemarin kami sudah berkoordinasi dengan Disdikpora sebenarnya mereka sudah siap. Termasuk sejumlah sekolah kami ajak pertemuan dan kemarin mereka juga sudah siap,” kata Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi kepada wartawan, Kamis (9/9/2021).

Ia menjelaskan, sebagian dari sekolah yang menyatakan akan membuka PTM sudah melakukan pemenuhan fasilitas serta konsep pembelajaran yang sesuai protokol kesehatan (prokes). Sehingga diharapkan tidak ada penularan kasus baru atau menjadi klaster di sekolah.

Heroe menerangkan bahwa sejak Juli 2021 lalu, Disdikpora telah melakukan survey kepada orang tua siswa. Survey itu dilakukan ketika kondisi Covid-19 di Kota Pelajar sedang tinggi-tingginya.

Baca Juga: Tinjau Pelaksanaan PTM di Bogor, Wapres Ma'ruf Ingatkan Prokes Harus Tetap Dijalankan

“Kami menanyakan kepada orang tua apakah dan siapa yang setuju untuk dilaksanakan PTM?,” ujar dia.

Sebanyak 62 persen orang tua dari survey yang dilakukan Disdikpora menjawab segera ingin digelar PTM. Kondisi itu juga yang mendorong Pemkot mempercepat syarat dan juga vaksinasi kepada pelajar.

Ditanyai jenjang sekolah apa saja yang akan dibuka, Heroe mengatakan semua jenjang akan disimulasikan pada pekan depan.

“Simulasi ini untuk seluruhnya, SD dan SMP. Hanya saja ini masih simulasi,” ujar dia.

Sebelumnya, percepatan vaksinasi warga 12-17 tahun ke atas atau pelajar menjadi target penyelesaian Pemkot untuk membuka PTM. Lebih kurang 45-46 ribu pelajar telah mendapat vaksin.

Baca Juga: Muncul 3 Nama Destinasi Wisata di DIY yang Dibuka, Pengelola Wajib Patuhi PPKM Level 3

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kota Yogyakarta, Lana Unwanah mengatakan vaksinasi pelajar sudah selesai sejak 4 September 2021 lalu.

Pembukaan PTM rencananya dilakukan di seluruh sekolah yang ada di Jogja. Meski demikian untuk pelajar jenjang SD sempat menjadi persoalan lantaran siswa usia 12 tahun ke bawah belum menerima vaksin.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait