alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

5 Cara Membuat Masker untuk Rambut Kering, Bahan Alami dan Mudah Dicari

Eleonora PEW Rabu, 15 September 2021 | 20:33 WIB

5 Cara Membuat Masker untuk Rambut Kering, Bahan Alami dan Mudah Dicari
Ilustrasi rambut kering. (Shutterstock)

Atasi rambut kering dengan 5 cara membuat masker dari bahan alami berikut ini.

SuaraJogja.id - Ada berbagai faktor yang membuat rambut kering dan rusak. Untuk memperbaikinya, perlu diketahui cara membuat masker untuk rambut kering.

Beberapa penyebab rambut kering dan rusak antara lain berkurangnya minyak alami rambut seiring bertambahnya umur, terlalu sering terpapar matahari, hingga gangguan pada kondisi kesehatan tubuh.

Berbagai kondisi tersebut pun berakibat rambut kering, dengan gejala seperti kusam, rapuh, serta mengeriting.

Demi membuat kondisi rambut sehat kembali, berbagai upaya perawatan rambut kering perlu dilakukan.

Baca Juga: 4 Cara Kurangi Kerusakan Rambut Gegara Bleaching

Salah satunya dengan rajin memakai masker untuk rambut kering. Sudah banyak merek masker rambut kering di pasaran, tetapi ada pula bahan alami yang dapat digunakan untuk membuat masker sendiri. Di bawah ini lima di antaranya, dengan berbagai manfaat yang telah dilansir Healthline:

1. Madu

Kandungan vitamin, mineral, asam amino, hingga antioksidan pada madu memiliki khasiat mengembalikan kelembapan rambut, cocok untuk rambut kering.

Ilustrasi Madu (fancycrave1)
Ilustrasi Madu (fancycrave1)

Selain itu, rambut bakal berkilau, kerontokan berkurang, dan kulit kepala rambut jadi lebih sehat dengan bantuan madu.

Cara menjadikan madu sebagai masker rambut pun tak sulit. Cukup bersihkan rambut dengan keramas, lalu oleskan madu setelah rambut kering sambil dipijat-pijat, dan diamkan selama sekitar 15 menit. Terakhir, bilas rambut dengan air hingga bersih.

Baca Juga: Hair Food Bisa Atasi Rambut Kering Akibat Keramas Setiap Hari, Kenali Kandungannya Yuk!

2. Pisang

Pisang yang masih segar kaya akan nutrisi dan tak hanya baik untuk dikonsumsi, tetapi juga menyehatkan rambut kering.

Di dalam pisang terdapat kandungan tinggi silika, yang berfungsi membantu memperbaiki kondisi rambut yang mengembang karena kering.

Hanya dengan melumatkan pisang dan mengoleskannya pada rambut yang kering setelah keramas, kandungan menyehatkan pada pisang akan terserap hingga ke akar rambut ketika didiamkan. Setelah itu, bilas rambut hingga bersih. Bisa saja lumatan pisang ditambah dengan madu, tetapi bisa juga hanya cukup menggunakan pisang.

3. Yogurt

Menurut Healthline, memang belum ada riset klinis yang membuktikan manfaat dari penggunaan yogurt sebagai masker untuk rambut dan kulit kepala, tetapi tak sedikit pula orang-orang yang dikabarkan rambutnya jadi bagus setelah rajin menerapkan cara itu.

Dianggap memiliki fungsi seperti kondisioner, pengguna masker yogurt percaya, asam laktat pada yogurt membersihkan kulit kepala, menyingkirkan sel-sel kulit mati, dan membantu pertumbuhan folikel rambut.

Ilustrasi yogurt. [Freepik]
Ilustrasi yogurt. [Freepik]

Cara membuat masker untuk rambut kering dari yogurt pun sangat simpel. Tinggal cuci rambut, keringkan, oleskan yogurt secara merata pada rambut, diamkan sekitar 15 menit sampai kandungan yogurt meresap, dan bilas rambut sampai bersih.

4. Putih telur

Sudah banyak yang tahu kalau telur kaya akan protein. Namun untuk rambut, yang diperlukan hanya putih telur saja, yang tidak mengandung lemak seperti kuning telur.

Asam amino esensial pada protein dari putih telur bagus untuk menjadikan rambut kering lebih berkilau karena kutikula menjadi lembut dan kuat serta tak lagi bercabang karena korteks menjadi lebih kuat.

Tinggal campurkan putih telur dengan air hangat sebanyak dua sendok makan, jadilah masker untuk rambut kering. Sebelum mengoleskan secara merata, cuci dan keringkan rambut terlebih dahulu. Kemudian biarkan rambut menyerap kandungan alami yang menyehatkan putih telur, lalu bilas.

Minyak zaitun (shutterstock)
Minyak zaitun (shutterstock)

5. Minyak Zaitun

Selama ribuan tahun sudah minyak zaitun digunakan sebagai bahan alami perawatan rambut, dengan klaim dapat menjadikan rambut lembut dan berkilau.

Asam oleat, asam palmitat, dan squalene pada minyak zaitun merupakan emolien, yang artinya berfungsi untuk melembutkan. Banyak sampo, kondisioner, dan pomade yang mengandung emolien, tetapi dalam versi buatan dari laboratorium.

Sama seperti keempat bahan sebelumnya, untuk mengatasi rambutk kering, minyak zaitun tinggal dioleskan pada rambut yang bersih dan kering, terutama pada ujung rambut, tetapi tunggu paling tidak sampai 30 menit sebelum dibilas.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait