alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kata PKL Malioboro Soal Bantuan Tunai dari Presiden Jokowi: Dipakai untuk Modal Usaha

Galih Priatmojo | Rahmat jiwandono Sabtu, 09 Oktober 2021 | 11:08 WIB

Kata PKL Malioboro Soal Bantuan Tunai dari Presiden Jokowi: Dipakai untuk Modal Usaha
Penjual blangkon di Malioboro Suharjito yang mendapat bantuan uang tunai Rp1,2 juta dari Presiden Jokowi. (SuaraJogja.id/Rahmat Jiwandono)

Presiden Jokowi bagi bansos ke warga pelaku PKL dan warung kecil di Malioboro

SuaraJogja.id - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menggulirkan pemberian bantuan tunai untuk Pedagang Kaki Lima (PKL) dan warung-warung kecil. Ada satu juta PKL dan warung di Indonesia yang akan mendapat bantuan tersebut. 

Untuk menandai peresmian pemberian bantuan itu, Jokowi membagikan langsung kepada PKL di kawasan Malioboro, Kota Jogja pada Sabtu (9/10/2021). Jokowi didampingi Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Mensesneg Pratikno, Gubernur DIY Sri Sultan HB X, dan Wali Kota Jogja Haryadi Suyuti. 

"Meresmikan dimulainya pemberian bantuan tunai untuk sejuta PKL dan warung di seluruh Indonesia," kata Presiden Jokowi

Nilai bantuan yang diberikan sebesar Rp 1,2 juta. Jokowi bertanya kepada PKL apakah jumlah bantuan itu cukup atau tidak. 

Baca Juga: Kawasan Wisata Malioboro Mulai Ramai Dikunjungi Wisatawan

"Kurang enggak? Menurut hitungan kami sudah cukup. Pertama kali dimulai di Kawasan Malioboro, Kota Jogja," papar mantan Gubernur DKI Jakarta itu. 

Seorang pedagang blangkon yang mendapat bantuan, Suharjito mengaku, uang tersebut akan dipakai untuk modal usaha. Menurutnya, ini bagus karena bisa membantu perekonomian masyarakat kecil. 

"Bantuan ini bagus untuk masyarakat kecil seperti saya," ujar Suharjito. 

Kata dia, awalnya tidak tahu jika akan mendapat bantuan uang tunai dari pemerintah. Pada Rabu (6/10/2021) ia didatangi oleh Bhabinkamtibmas Polsek Danurejan guna dimintai identitas diri. 

"Saat itu saya didatangi oleh Bhabinkamtibmas untuk dimintai KTP.  Lalu saya kasihkan dan difoto setelah itu dikembalikan lagi," katanya. 

Baca Juga: Pemkot Jogja Buat Aplikasi Baru untuk Atur Jam Kunjung Wisatawan ke Malioboro

Ia tidak merasa deg-degan karena dimintai KTP lantaran tidak membuat kesalahan apa-apa. Suharjito mendapat bantuan uang itu pada Jumat (8/10/2021) kemarin. 

"Saya terima bantuannya hari jumat kemarin. Lalu saya diminta datang ke Polresta Kota Jogja karena katanya Presiden Jokowi akan ke sini," tambahnya. 

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait