alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

5 Universitas Jogja Jurusan kedokteran, Ada Yang Berdiri karena Bencana Alam

Pebriansyah Ariefana Minggu, 17 Oktober 2021 | 10:45 WIB

5 Universitas Jogja Jurusan kedokteran, Ada Yang Berdiri karena Bencana Alam
Ilustrasi dokter.[Unsplash/Online Marketing]

Sebagian orang juga masih menganggap dokter adalah profesi yang mulia, sehingga menjadi salah satu pekerjaan yang diinginkan para orang tua untuk anaknya.

SuaraJogja.id - Universitas Jogja jurusan kedokteran. Fakultas Kedokteran seringkali menjadi pilihan calon mahasiswa yang hendak melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Sebagian orang juga masih menganggap dokter adalah profesi yang mulia, sehingga menjadi salah satu pekerjaan yang diinginkan para orang tua untuk anaknya.

Namun tidak semua perguruan tinggi memiliki Fakultas Kedokteran. Fakultas ini hanya ada di kampus dan di kota tertentu.

Salah satunya adalah Yogyakarta. Di kota ini ada sejumlah perguruan tinggi yang membuka Fakultas Kedokteran, dan berikut diantaranya.

Baca Juga: 5 Universitas Jogja Swasta Terbaik 2021, Ada Atma Jaya

1. Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada

Tak dipungkiri lagi kalau Universitas Gadjah Mada adalah perguruan tinggi yang bergengsi di Jogja, dan banyak diidam-idamkan calon mahasiswa, termasuk calon mahasiswa kedokteran. Mengutip laman ugm.ac.id, Fakultas Kedokteran merupakan fakultas tertua di UGM. Fakultas ini berdiri pada 5 Maret 1946 dan memiliki visi dan misi yang tak dapat dipisahkan dengan visi dan misi Universitas Gadjah Mada, yakni menjadi Fakultas Kedokteran yang berkelas dunia.

Fakultas Kedokteran UGM memiliki tiga Program Studi tingkat sarjana, Dua puluh Program Studi Dokter Spesialis, enam Program Studi tingkat magister dan satu Program Studi Doktor. Hingga kini Fakultas Kedokteran UGM telah meluluskan ribuan alumni yang berkiprah di dunia Kesehatan di berbagai tempat di Indonesia.

2. Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia

Tak hanya perguruan tinggi negeri, perguruan tinggi swasta di Yogyakarta juga memiliki Fakultas Kedokteran. Salah satunya adalah Universitas Islam Indonesia yang terletak di Jalan Kaliurang KM 14,5 Sleman, Yogyakarta. Mengutip laman fk.uii.ac.id, Fakultas Kedokteran UII dibuka pertama kali pada 2001, dengan program studi Strata satu Pendidikan Dokter. Sejak pertama kali berdiri, fakultas ini telah menerapkan sistem pembelajaran PBL, atau Problem Solve Learning. Dlam system belajar ini, mahasiswa diajarkan ilmu kedokteran untuk memecahkan masalah.

Baca Juga: 10 Universitas Swasta Jogja Terkenal: UAD, UKDW hingga Atma Jaya

Fakultas Kedokteran UII memiliki motto “Be A Good Muslim Doctor”. Motto ini dipilih dengan tujuan agar semua lulusan fakultas ini dapat memberikan kebaikan dan manfaat dimanapun mereka berada. Ini sesuai dengan misi agama Islam yang menjadi rahmat bagi semesta alam.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait