alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

5 Universitas Murah di Jogja, UKT Mulai Rp400.000

Pebriansyah Ariefana Senin, 18 Oktober 2021 | 09:34 WIB

5 Universitas Murah di Jogja, UKT Mulai Rp400.000
Universitas Gajah Mada (UGM)

Jogja merupakan kota yang tepat bagi calon mahasiswa karena biayanya lebih murah jika dibandingkan dengan kota lainya.

SuaraJogja.id - Universitas Jogja murah atau universitas murah di Jogja akan dibahas di artikel ini. Sebab biaya kuliah yang mesti dibayarkan calon mahasiswa pada setiap semester menjadi pertimbangan yang sangat penting ketika memilih perguruan tinggi negeri atau swasta.

Jogja merupakan kota yang tepat bagi calon mahasiswa karena biayanya lebih murah jika dibandingkan dengan kota lainya. Biaya kuliah di perguruan tinggi negeri (PTN) dikenal sebagai Uang Kuliah Tunggal (UKT). Sedangkan di perguruan tinggi swasta (PTS) disebut uang semester.

Biaya ini harus dibayar pada saat awal semester. Ada pula sekolah kedinasan yang justru tak dikenakan biaya kuliah. Kuliah di PTN dinilai lebih murah karena biayanya ditentukan berdasarkan pendapatan orangtua.

Sementara sekolah kedinasan, kamu malah mendapatkan uang selama perkuliahan berlangsung.

Baca Juga: Nihil Angka Kematian Akibat Covid-19, Pasien Sembuh di DIY Tambah 56 Orang

Berikut daftar PTN dengan biaya murah di Yogyakarta:

1. Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta

ISI Yogyakarta merupakan sebuah lembaga pendidikan tinggi seni berstatus PTN yang memiliki kewenangan untuk menyelenggarakan pendidikan sampai jenjang tertinggi.

ISI Yogyakarta dibentuk atas dasar Keputusan Presiden RI No. 39/1984 tanggal 30 Mei 1984 dan diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Prof Dr Nugroho Notosusanto, pada 23 Juli 1984.

Meski usianya sebagai institut relatif muda, namun perguruan-perguruan pembentuk ISI Yogyakarta sudah lama ada dan berkiprah dalam perkembangan seni Tanah Air.

Baca Juga: Gencarkan Vaksinasi Dosis 2 di RT, Selter di Warungboto Jogja Disulap Jadi Tempat Vaksin

ISI Yogyakarta dibentuk berdasarkan fusi atas tiga pendidikan tinggi seni yang sudah ada sebelumnya, yakni Sekolah Tinggi Seni Rupa Indonesia (ASRI), Akademi Musik Indonesia (AMI), dan Akademi Seni Tari Indonesia (ASTI).

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait