alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Meneladani Sifat Terpuji Nabi Idris yang Terkenal akan Kesalehannya

Dinar Surya Oktarini Sabtu, 27 November 2021 | 18:56 WIB

Meneladani Sifat Terpuji Nabi Idris yang Terkenal akan Kesalehannya
ilustrasi malaikat, cahaya dari langit/ sifat terpuji Nabi Idris (Dok. Envato)

Sifat terpuji Nabi Idris yang kesalehannya membuat nabi Idris memiliki derajat yang tinggi.

SuaraJogja.id - Sifat terpuji Nabi Idris patut untuk dicontoh oleh umat manusia. Pasalnya nabi Idris merupakan salah satu nabi yang memiliki kesalehan yang amat tinggi.

Berkat kebaikan dan kesalehannya, nabi Idris memiliki derajat yang  tinggi. Nabi Idris merupakan keturunan keenam dari Nabi Adam. Ia berdakwah untuk menegakkan kebenaran agama Allah.

Dalam berjuang ia senantiasa menggunakan kelemah lembutan, sehingga banyak orang yang menyeganinya. Sifat terpuji Nabi Idris lainnya yaitu ia mempunyai kekuatan yang hebat dan bertabiat gagah berani, sehingga diberi julukan “Asadul Usud”, artinya Singa dari segala Singa. 

Seperti halnya Nabi Adam dan Nabi Syits, Nabi Idris juga menerima Wahyu Allah melalui Malaikat Jibril yang berupa 30 Shahifah yang berisi petunjuk untuk disampaikan kepada Umatnya. Nabi Idris  diangkat Allah sebagai nabi semasa berusia 82 tahun, itu dikarenakan 8 ajarannya yang mulia bagi seluruh umat.

Baca Juga: Mengenal 4 Sifat Mustahil Bagi Rasul, Salah Satunya Berkhianat

ilustrasi malaikat, cahaya dari langit. (Dok. Envato)
ilustrasi malaikat, cahaya dari langit/ sifat terpuji Nabi Idris(Dok. Envato)

Berkut ini sifat terpuji Nabi Idris yang perlu dicontoh dan diamalakan oleh umat manusia:
1. Rajin

Sejak kecil Nabi Idris gemar mempelajari kitab-kitab dan nabi mushaf nabi adam dan Syits. Nabi Idris adalah seorang yang sangat cerdas, pandai, dan memiliki kemauan belajar yang tinggi.

Beliau merupakan manusia pertama yang menulis dengan pena dan dianugerahi berbagai kepandaian oleh Allah, di antaranya, kepandaian naik kuda, ilmu alam, tulis- menulis, dan berhitung. bahkan nabi Idris merupakan orang pertama yang bisa menjahit pakaian dan dikenakannya.

Selain itu, beliau menguasai berbagai macam bahasa sehingga dapat mudah berkomunikasi dengan manusia lainnya. Tidak sampai disitu nabi Idris juga pandai membuat arsitektur rumah yang sederhana dan indah. Berkat kemampuannya itu banyak orang yang menirunya dan banyak yang meminta bantuannya.

2. Menegakkan Kebenaran

Baca Juga: Cara Jadi Guru ala Rasulullah SAW

Nabi Idris terkenal akan kesholehannya, sehingga ia senantiasa menegakkan kebenaran agama Allah SWT. Ia juga tidak pernah meninggalkan ibadah. Berkat keshalehan inilah nabi Idris mendapat derajat yang tinggi.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait