facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Bikin Lukisan Warna Merah Kuning Hijau Biru, Ridwan Kamil Kasih Kode Menuju 2024

Galih Priatmojo | Muhammad Ilham Baktora Rabu, 01 Desember 2021 | 19:18 WIB

Bikin Lukisan Warna Merah Kuning Hijau Biru, Ridwan Kamil Kasih Kode Menuju 2024
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menjelaskan lukisan yang dia buat dalam Pameran Jabar Motekar di Jogja National Museum (JNM) Kelurahan Pakuncen, Kemantren Wirobrajan, Kota Jogja, Rabu (1/12/2021). [Muhammad Ilham Baktora / SuaraJogja.id]

Ridwan Kamil gelar pameran di Jogja National Museum

SuaraJogja.id - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menggelar pameran seni bertajuk Jabar Motekar di Jogja National Museum (JNM) Jalan Prof. DR. Ki Amri Yahya No.1, Kelurahan Pakuncen, Kemantren Wirobrajan, Kota Jogja, Rabu (1/12/2021) sore.

Dalam pameran seni dan ekonomi kreatif (ekraf) itu Ridwan Kamil juga membuat lukisan di atas kanvas putih. Ia menyebut bahwa lukisan yang identik dengan berbagai warna membentuk persegi yang dia buat merupakan perjalanan menuju tahun 2024.

"(Lukisan) ini merupakan perjalanan 2024. Apakah merah, apakah hijau, apakah pintu kuning atau biru. Hanya Allah yang menentukan. Ya hidup kita sehari-hari diwarnai dengan warna politik seperti ini," ungkap Ridwan Kamil di sela-sela Pameran Jabar Motekar di JNM, Rabu.

Pameran tersebut menampilkan sejumlah lukisan mantan Wali Kota Bandung. Menurutnya konsep lukisan yang dibuat yakni mendeskripsikan dirinya saat bekerja di pemerintahan di tengah situasi Covid-19 ini.

Baca Juga: Reuni 212 di Masjid Az Zikra Sentul Tetap Digelar, Ridwan Kamil Sarankan Ini ke Panitia

"Saya bukan pelukis, basic saya arsitek yang membangun gedung-gedung. Tetapi di situasi Covid-19 ini saya melihat ada hal lain yang bisa dilakukan. Tidak selalu harus mengurus tanda tangan tapi ada kegiatan dan perjalanan yang perlu saya lalui. Maka melukis ini yang saya lakukan," ujar dia.

Kegiatan yang digelar mulai 1-7 Desember di Kota Pelajar tersebut juga mengenalkan budaya dan seni Jawa Barat ke DIY.

"Ini mengawali sebuah semangat kebudayaan yang menurut saya harus rutin dijaga. Setiap wilayah memiliki kreativitas dalam berkesenian dan menjaga warisan budayanya. Nah itu harus dikolaborasikan. Maka saya berterima kasih dengan DIY menerima seni dan budaya Jabar untuk dipamerkan di sini," terang Ridwan Kamil.

Ia mengatakan bahwa berkembangnya seni dan budaya juga ikut mendongkrak ekonomi kreatif (ekraf) di sebuah wilayah. Sehingga kegiatan tersebut juga menjadi ajang meningkatkan perekonomian antar daerah di tengah situasi Covid-19 yang mempengaruhi perekonomian warga.

"Maka dari itu, nanti kami tunggu dari DIY untuk memamerkan kreativitasnya, termasuk budaya yang perlu dikenalkan di Jawa Barat," kata Mantan Wali Kota Bandung itu.

Baca Juga: Tak Dengar Buruh, Ridwan Kamil Tetapkan UMK 2022 Berdasarkan PP 36 Tahun 2022

Jabar Motekar menampilkan puluhan lukisan yang telah dibuat oleh arsitek lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) itu. Selain lukisan, beberapa batik serta kerajinan tangan asal Jawa Barat ikut dipajang. 

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait