alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Fungsi Vitamin C Dalam Tubuh Manusia, Dapat Menghambat Penuaan

Dinar Surya Oktarini Senin, 06 Desember 2021 | 11:42 WIB

Fungsi Vitamin C Dalam Tubuh Manusia, Dapat Menghambat Penuaan

Berikut daftar fungsi Vitamin C dalam tubuh.

SuaraJogja.id - Fungsi vitamin C bagi tubuh manusia. Vitamin C adalah Kristal putih yang mudah larut dalam air. Pada saat keadaan kering vitamin C cukup stabil. Akan tetapi dalam keadaan larut vitamin C mudah rusak karena bersentuhan dengan udara (oksidasi) terutama bila terkena panas secara langsung.

Oksidasi dipercepat dengan adanya tembaga dan besi. Vitamin C tidak stabil dalam larutan alkali, tetapi cukup stabil dalam larutan asam. Vitamin C merupakan vitamin yang dapat dibentuk oleh beberapa jenis spesies tanaman dan hewan dari prekusor karbohidrat.

Namun, pada manusia tidak dapat mensintesis vitamin C dalam tubuhnya, karena tidak memiliki enzim Lgulonolakton oksidase. Manusia mutlak memerlukan vitamin C dari luar tubuh untuk memenuhi kebutuhannya.

vitamin C dan D sangat dibutuhkan tubuh pada masa pancaroba saat pandemi ini
vitamin C dan D sangat dibutuhkan tubuh pada masa pancaroba saat pandemi ini/ Fungsi vitamin C

Fungsi Vitamin C dalam tubuh sangatlah banyak. Salah satu manfaat vitamin C yaitu sebagai koenzim atau kofaktor. Beberapa kandungan vitamin C (seperti asam eritrobik dan askorbit palmitat) digunakan sebagai antioksidan di dalam industri pangan untuk mencegah proses menjadi tengik, perubahan warna (browning) pada buah-buahan dan untuk mengawetkan daging.

Baca Juga: Manfaat Vitamin C bagi Tubuh Manusia, Salah Satunya Menghambat Penuaan Dini

Vitamin C dapat ditemukan pada bahan makanan nabati maupun hewani. Sumber utama vitamin ini adalah buah-buahan dan sayur-sayuran seperti melon, jeruk, tomat, strowberi, aspargus, brokoli, kubis, labu siam, lobak dan kembang kol. Sedangkan bahan makanan yang berasal dari hewan seperti daging dan susu kandungan vitamin C nya lebih sedikit.

Dibalik kandungannya yang baik bagi tubuh, vitamin C sangat mudah rusak. Selama proses persiapan atau penyajian, pemasakan dan penyimpanan. Contohnya pada sayur-sayuran segar yang telah dibersihkan atau disiangi, kemudian disimpan atau didiamkan selama 24 jam, maka sebanyak 45% kandungan vitamin C nya akan berkurang.

Oleh karena itu, sebaiknya saat memasak bahan makanan yang mengandung vitamin C gunakan air sedikit mungkin dan air tersebut sebaiknya juga ikut dikonsumsi. Pada buah-buahan, sebaiknya dikonsumsi pada saat masih segar. Ini dilakukan agar fungsi vitamin C bekerja maksimal dalam tubuh.

Beberapa fungsi vitamin C secara umum yaitu:

1. Sebagai penambah sistem kekebalan tubuh.
2. Memperbaiki sel-sel yang rusak akibat radikal bebas.
3. Menghambat penuaan dini.
4. Menghambat sel kanker, terutama kanker paru-paru, prostat, payudara, usus
besar, empedu dan otak.
6. Sebagai antioksidan.
7. Mengatasi peradangan kulit.
8. Mencegah anemia defisiensi besi.
9. Membantu mengontrol tekanan darah.
10. Menurunkan Kolesterol.

Baca Juga: Mengenal 11 Sifat Asam yang Perlu Anda Ketahui

Itulah tadi beberapa fungsi vitamin C bagi tubuh manusia. Dengan mengonsumsinya secara rutin dan dalam jumlah yang pas maka fungsinya akan terasa pada tubuh.

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait