alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Mengenal Fungsi Lambung Serta Strukturnya di Dalam Tubuh

Dinar Surya Oktarini Senin, 06 Desember 2021 | 11:56 WIB

Mengenal Fungsi Lambung Serta Strukturnya di Dalam Tubuh
Ragam penyakit lambung yang bisa bikin muntah darah. (Shutterstock)

Berikut deretan fungsi lambung lengkap dengan struktur di dalam tubuh manusia.

SuaraJogja.id - Lambung merupakan organ otot dalam system pencernaan yang terletak di sisi kiri perut bagian atas. Fungsi lambung memiliki peran penting di dalam tubuh. 

Pada manusia dewasa, volume lambung dalam kondisi kosong adalah sekitar 75 mililiter, dapat mengembang ( distensible ) hingga dapat menampung sekitar satu liter makanan.

Letak lambung berada di rongga sebelah kiri perut, terhubung dengan dua saluran pada tiap ujungnya, ujung atas lambung terhubung dengan esofagus ( kerongkongan ) yakni saluran yang berfungsi sebagai jalur masuk makanan dari mulut, dan ujung bawah terhubung dengan usus halus yakni organ berbentuk selang panjang yang menghubungkan lambung dengan usus besar.

Lambung terdiri atas beberapa struktur yakni :

Baca Juga: Refluks Asam Lambung Umum Terjadi, Hindari 5 Makanan & Minuman Ini Agar Tak Makin Parah

Fungsi lambung

a. Kardiak

Adalah bagian teratas lambung yang berbatasan langsung dengan esofagus. Makanan yang telah dihaluskan didalam mulut dan disalurkan melalui kerongkongan akan melewati kardiak sebelum dicerna oleh bagian tengah lambung. Pada ujung kardiak terdapat sfingter kardiak, yakni otot otot berbentuk cincin yang mencegah asam lambung naik ke kerongkongan.

b. Fundus

Setelah melalui kardiak, makanan akan bergerak menuju fundus. Fundus ini berada di bagian atas lambung yang melengkung dan terletak tepat dibawah diafragma. Disini makanan mulai mengalami proses pencernaan dan pencampuran dengan enzim.

c. Badan lambung

Baca Juga: Kerap Disalahartikan Sakit Maag, Ini 5 Ciri Penyakit GERD yang Perlu Diketahui

Disinilah fungsi paling penting berada, yakni badan lambung. Ditempat inilah makanan dicerna, dicampurkan dengan enzim, hingga diproses menjadi bagian bagian lebih kecil yang disebut kim.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait