alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Indera Pengecap, Ini Deretan Fungsi Lidah untuk Manusia

Dinar Surya Oktarini Senin, 06 Desember 2021 | 12:13 WIB

Indera Pengecap, Ini Deretan Fungsi Lidah untuk Manusia
Fungsi lidah

Fungsi dari lidah sendiri adalah sebagai indera pengecap yang dapat membedakan cita rasa asin, manis, asam, dan pahit.

SuaraJogja.id - Seiap anggota yang dimiliki manusia memiliki kegunaannya, salah satunya fungsi lidah yang memiliki peran penting pada salah satu indera manusia. 

Lidah merupakan salah satu alat indera manusia tersebut, terdiri dari otot lurik dan menempati dasar mulut. Otot pembentuk lidah terdiri dari 8 otot berbeda yang saling terkait satu sama lain menciptakan matriks yang fleksibel, yang disebut dengan hidrostat otot, dan otot lidah adalah saty-satunya otot dalam tubuh manusia yang bekerja secara independen dari kerangka. Jika diperhatikan dan dirasakan, pada permukaan lidah akan terasa sedikit kasar yang dinamakan papila.

Fungsi dari lidah sendiri adalah sebagai indera pengecap yang dapat membedakan cita rasa asin, manis, asam, dan pahit yang mana berkaitan dengan papila karena terhubung dengan otak sehingga mampu mengidentifikasikan cita rasa tersebut. Fungsi lain dari lidah yaitu berbicara, pengunyahan dan menelan atau deglutisi.

Indera pengecap sangat berhubungan erat dengan indera penciuman. Jika indra penciuman mengalami gangguan maka akan mempengaruhi kualitas rasa. Tidak cukup mengetahui apa fungsi lidah, kamu juga perlu mengetahui struktur dari lidah.

Baca Juga: 5 Makanan Jepang Paling Populer yang Cocok di Lidah Orang Indonesia

Fungsi lidah

Struktur Lidah

Seperti yang telah diketahui bahwa kita mampu membedakan cita rasa yang ada di dunia ini yang terjadi pada beberapa tempat di struktur lidah. Bagian-bagian lidah terdiri dari pangkal lidah, punggung lidah, dan ujung lidah. Apabila lidah digulung ke belakang akan tampak permukaan bawah yang disebut frenulum lungua, yaitu struktur ligamen yang halus yang mengaitkan bagian posterior lidah pada dasar mulut. 

Lidah memiliki sensitivitas terhadap empat rasa dasar, yang terletak pada tempat berbeda yaitu,
1. Rasa manis, terdapat di ujung lidah
2. Rasa asin, terdapat di ujung, samping kiri dan kanan lidah
3. Rasa asam, terletak di samping kiri dan kanan lidah
4. Rasa pahit, terletak di pangkal lidah dekat dengan tenggorokkan

Selain itu menjaga kebersihan rongga mulut terutama lidah sangatlah penting. Terdapat banyak bakteri yang tinggal di lidah yang ada di dorsum lidah. Letaknya yang sulit dijangkau membuat bakteri senang hidup di sini. Permukaan lidah menjadi tempat yang paling dominan bagi bakteri-bakteri patogen yang sangat mempengaruhi pembentukan karies, halitosis, hingga periodontitis. Penelitian menunjukkan dengan membersihkan lidah akan berdampak positif terhadap kesehatan rongga mulut. 

Itulah tadi fungsi lidah yang merupakan indera pengecap untuk manusia. 

Baca Juga: 7 Fungsi Hidung yang Penting untuk Kehidupan, Salah Satunya untuk Bernyanyi dan Bicara

Kontributor : Kiki Oktaliani

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait