facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tak Ada KIPI Berat Vaksinasi Booster, Kulon Progo Dorong Masyarakat Segera Suntik Vaksin

Eleonora PEW | Hiskia Andika Weadcaksana Kamis, 20 Januari 2022 | 21:00 WIB

Tak Ada KIPI Berat Vaksinasi Booster, Kulon Progo Dorong Masyarakat Segera Suntik Vaksin
Vaksinator menyiapkan vaksin COVID-19 sebelum disuntikkan pada warga di Stasiun Juanda, Jakarta, Jumat (20/8/2021). [Suara.com/Angga Budhiyanto]

Baning memastikan, gejala yang timbul pada masyarakat setelah vaksin tidak terlalu parah.

SuaraJogja.id - Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulon Progo menyebut belum ada temuan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) berat dalam pelaksanaan vaksinasi booster Covid-19 di wilayahnya. Sejauh ini laporan KIPI sudah dapat ditangani dengan baik.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulon Progo Baning Rahayujati menuturkan, pengawasan KIPI untuk masyarakat yang mendapatkan suntikan vaksin booster Covid-19 senantiasa dilakukan, termasuk dengan penyediaan obat-obatan seusai disuntik vaksin.

"Karena menggunakan AstraZeneca ada kemarin yang melaporkan pusing, demam tapi semua pasien yang divaksin booster AstraZeneca memang sudah kita sangoni (bekali) paracetamol yang boleh diminum apabila ada gejala demam atau sakit kepala," kata Baning kepada awak media, Kamis (20/1/2022).

Selain itu, Baning memastikan, gejala yang timbul pada masyarakat setelah vaksin tidak terlalu parah, sehingga akan dengan cepat berkurang atau hilang dalam waktu singkat.

Baca Juga: Tiga Warga Cianjur Alami KIPI Berat Usai Disunik Vaksin COVID-19, Satu Orang Meninggal Dunia

"Rata-rata dua tiga hari sudah sembuh," imbuhnya.

Dalam kesempatan ini, Baning terus mengajak masyarakat untuk segera mendaftarkan diri untuk menerima vaksinasi Covid-19. Baik itu dari dosis pertama, kedua maupun ketiga atau booster.

Mengingat saat ini program vaksinasi Covid-19 masih difasilitasi oleh pemerintah secara gratis. Sehingga tidak perlu repot yakni hanya perlu datang untuk mendaftarkan diri saja.

"Kepada masyarakat monggo, mumpung ini adalah difasilitasi pemerintah alias gratis sesegera mungkin. Bagi yang belum dapat dosis satu segera vaksin dosis satu. Untuk saat ini dosis satu yang tersedia vaksinnya adalah Sinovac," terangnya.

"Untuk yang jatahnya dosis kedua segera datang, yang sudah memenuhi (persyaratan) booster segera menghubungi puskesmas terdekat. Minta jadwal kapan kemudian mendaftar," sambungnya.

Baca Juga: Bolehkah Vaksinasi Covid-19 Saat Haid?

Kegiatan vaksinasi booster di Kulon Progo sendiri, kata Baning dilaksanakan pada 25 fasilitas layanan kesehatan sejak Kamis (13/1/2022) lalu. Fasyankes itu mulai dari dua rumah sakit pemerintah yakni RSUD Wates dan RSUD Nyi Ageng Serang (NAS).

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait