facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tak Buat Target Besar, Kunjungan Wisatawan ke Gembira Loka Zoo Selama Ramadhan Hanya 900 Orang

Eleonora PEW | Muhammad Ilham Baktora Rabu, 20 April 2022 | 17:39 WIB

Tak Buat Target Besar, Kunjungan Wisatawan ke Gembira Loka Zoo Selama Ramadhan Hanya 900 Orang
Sejumlah pekerja menyiapkan wahana baru untuk menerima wisatawan di Gembira Loka Zoo, Kota Jogja, Rabu (20/4/2022). - (SuaraJogja.id/Muhammad Ilham Baktora)

Kepala Bagian Humas dan Promosi GL Zoo Fahmi Ramadhan menjelaskan, selama Ramadhan ini destinasi wisata fauna itu hanya beroperasi di akhir pekan saja.

SuaraJogja.id - Tingkat kunjungan wisatawan ke Gembira Loka (GL) Zoo, Kota Jogja paling tinggi hanya sekitar 900 orang per akhir pekan hingga Ramadhan pekan ketiga ini. Pengelola tidak menargetkan capaian kunjungan selama Ramadhan mengingat aktivitas warga berkurang.

Kepala Bagian Humas dan Promosi GL Zoo Fahmi Ramadhan menjelaskan, selama Ramadhan ini destinasi wisata fauna itu hanya beroperasi di akhir pekan saja.

"Kalau weekdays kita memang tidak membuka umum. Tapi kalau ada rombongan yang sudah memesan tetap kami layani. Namun operasinya memang di akhir pekan saja, tidak ada target kunjungan wisatawan," kata Fahmi ditemui wartawan di GL Zoo, Rabu (20/4/2022).

Ia melanjutkan dari 900 kunjungan pada Sabtu (16/4/2022) lalu, paling banyak tamu dari Jawa Tengah (Jateng). Kemudian disusul oleh wilayah DKI Jakarta.

Baca Juga: Daftar Lengkap Satwa di Kebun Binatang Gembira Loka, Komodo Jadi Primadona

"Untuk akhir pekan, jam operasionalnya dari 08.30-16.00 WIB. Kemarin lebih banyak dari luar kota ya wilayah Jateng," kata Fahmi.

Meski kunjungan wisatawan masih sedikit, pihaknya telah memprediksi puncak kunjungan di GL Zoo. Nantinya mulai 3-8 Mei 2022 wisatawan yang datang lebih banyak.

"Mulai 1 Mei kita beroperasi seperti biasa, weekdays kita buka lagi hingga Minggu," katanya.

Lebih kurang prediksi kedatangan wisatawan mencapai 5 ribu orang. Pengelola tidak melakukan pembatasan seperti tahun lalu mengingat skema kunjungan dilakukan dengan metode sirkulasi.

"Saat 1 rombongan datang, lalu rombongan ini selesai dan keluar digantikan rombongan lain. Jadi sistem sirkulasi ini tidak akan membuat penumpukan massa. Apalagi, GL Zoo tempatnya terbuka," kata dia.

Baca Juga: 8 Wahana Unik Kebun Binatang Jogja Gembira Loka, Ada Terapi Ikan Garra Rufa

Disinggung adanya satwa baru selama Ramadhan ini, Fahmi menjelaskan terdapat singa betina termasuk keledai tunggang yang nantinya menjadi wahana baru.

"Kita ada wahana baru untuk anak-anak. Nanti bisa menunggangi keledai dan juga memberi memberi makan kambing dan ikan," kata Fahmi.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait